Mengenal Jenis-Jenis Ikan Tawes

Pertanianku – Tawes merupakan salah satu ikan asli Indonesia yang mendiami sungai. Sekilas, ikan ini mirip ikan mas, tetapi sisiknya lebih besar dan bentuknya lebih ramping. Tawes populer di Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Yogyakarta. Sementara itu, di Jawa Barat dan Jakarta, ikan ini lebih sering dijumpai sebagai ikan asin.

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Tawes

Di habitat aslinya, tawes merupakan penghuni sungai berarus deras. Ikan ini mempunyai ketahanan hidup di air payau hingga 7 per mil. Buktinya, ikan ini berkembang pesat di Cengkareng (Jakarta) yang dikenal berair asin sehingga sangat cocok dipelihara di waduk, kolam dengan air agak asin, dan sawah. Pada tebar benih ikan di daerah Jawa Tengah, misalnya Waduk Gajah Mungkur, tawes dipilih sebagai ikan yang diharapkan dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Loading...

Tawes memiliki nama lain wader atau putihan. Pemilik nama latin Puntius javanicus ini mempunyai badan memanjang dan pipih ke samping (compressed). Bentuk punggung seperti busur dengan moncong runcing, mulut terletak di ujung terminal (tengah), kecil, dan memiliki dua pasang sungut kecil. Permulaan sirip punggung berhadapan dengan sisik garis rusuk ke-10. Sirip ekor bercagak dalam dengan lobus membulat. Sisik garis rusuk (linea lateris) berjumlah 29—31. Sisik berwarna putih keperakan. Di bagian punggungnya berwarna lebih gelap, sedangkan di bagian perut berwarna lebih putih. Dasar sisik kelabu sampai gelap. Ada empat jenis ikan tawes yang pernah ditemukan di perairan. Ada juga jenis yang sudah sangat umum dan banyak ditemukan di perairan karena biasa dibudidayakan dan banyak dianggap sebagai bentuk umum dari tawes.

  1. Tawes biasa

Tawes biasa mempunyai sisik berwarna kelabu. Jenis ini sudah menjadi bentuk umum dari tawes yang sering dibudidayakan masyarakat. Tawes ini dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia, misalnya Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah (Ngrajek, Muntilan).

  1. Tawes bule
Baca Juga:  KKP Siapkan Beberapa Strategi untuk Mencegah Penyakit AHPND pada Udang

Tawes bule mempunyai sisik albino. Tawes ini jarang terliat di perairan umum. Ikan ini diduga mulai ada sejak 1936.

  1. Tawes silap

Tawes silap mempunyai sisik berwarna putih kelabu, sama seperti tawes biasa. Namun, sisik yang berwarna putih kelabu ini bercampur dengan sisik yang berwarna keperakan sehingga sulit membedakan ikan tawes silap dengan ikan tawes biasa. Seperti halnya tawes bule, tawes silap juga jarang ditemukan.

  1. Tawes kumpay

Seperti halnya ikan mas kumpay, tawes kumpay memiliki sirip dada dan sirip ekor yang relatif panjang. Ikan ini berwarna putih kelabu dan jarang terlihat di kolam dan perairan umum.

 

Sumber: Buku Budidaya 25 Ikan di Pekarangan

Loading...
Loading...