Mengenal Jenis-Jenis Kaktus dengan Bentuk Unik

0

Pertanianku – Kaktus merupakan jenis tanaman yang pada mulanya hanya berada di padang pasir atau tanah tandus. Namun, sekarang kaktus dijadikan sebagai tanaman hiasan yang sangat indah dengan berbagai macam bentuk yang bervariatif. Tanaman kaktus banyak disukai masyarakat untuk mempercantik rumah. Perawatan kaktus pun tidak sulit. Tanaman ini dikenal tangguh menghadapi segala musim. Bahkan saat tanaman lain mati ketika kekurangan air, kaktus dapat tetap hidup.

Namun, yang unik dari tanaman yang satu ini adalah jenis-jenis kaktus dengan bentuk beraneka ragam dan lucu. Di dunia ada banyak jenis kaktus yang memiliki bentuk unik dan aneh. Berikut beberapa kaktus dengan bentuk unik.

  1. Blossfeldia liliputana

Sesuai dengan namanya, liliputana, kaktus yang satu ini memiliki bentuk seperti liliput. Ukurannya kecil-kecil, bahkan hanya sekitar 1,3 cm saja. Jenis tanaman kaktus yang satu ini mudah ditemukan di kawasan bebatuan seperti di Pegunungan Andes.

Mengenal Jenis-Jenis Kaktus dengan Bentuk Unik

Uniknya kaktus ini akan berbunga saat musim panas tiba. Kaktus liliputana juga tetap melakukan reproduksi meskipun tanpa bantuan tanaman lain, seperti tanaman lain pada umumnya.

  1. Artichoke cactus

Bentuk kaktus yang satu ini menyerupai nanas atau kol. Tanaman ini adalah satu-satunya spesies dari genus Obregonia. Artichoke cactus memiliki bentuk yang menyamping atau melebar, bukan ke atas seperti tanaman pada umumnya. Bentuknya pun berbuku-buku dan memiliki seperti mahkota di atasnya.

Mengenal Jenis-Jenis Kaktus dengan Bentuk Unik

  1. Turbinicarpus subterraneus

Jenis yang satu ini mungkin yang paling unik diantara jenis-jenis kaktus sebelumnya. Spesies kaktus bernama turbinicarpus subterraneus ini memiliki bentuk seperti tongkat di dekat akar. Kemudian akan membentuk batang baru berwarna hijau dan akan ditumbuhi duri.

Mengenal Jenis-Jenis Kaktus dengan Bentuk Unik

Yang membuat tanaman ini unik, kaktus ini bisa berumur sangat lama karena akarnya bisa menyimpan air dengan jumlah cukup banyak. Jadi meskipun terpapar di bawah terik matahari sepanjang musim panas atau musim kering, kaktus jenis turbinicarpus subterraneus ini tidak akan mati. Pertu diingat Anda harus hati-hati saat sedang melakukan perawatan pada tanaman ini. Tangan Anda bisa terluka karena duri-duri tanaman kaktus ini cukup tajam.

loading...
loading...