Mengenal Jenis-jenis Pakan Lele


PertaniankuSecara alami, alam menyediakan pakan untuk semua jenis ikan di perairan. DI habitat aslinya, kondisi kuantitas pakan alami tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup lele. Namun, pada budidaya intensif dengan pada tebar tinggi serta waktu budidaya yang singkat memerlukan jaminan ketersediaan pakan yang mencukupi untuk populasi lele yang dipelihara.

Mengenal Pakan Lele

Nah, di sinilah guna pakan komersial, yaitu untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan pakan lele yang dipelihara secara intensif. Seperti halnya pakan produksi PT CMK, yaitu PP Beauty 811 atau 812 yang sudah dirancang sedemikian rupa. Dengan demikian, dalam penyusunan formulasi pakan terdapat keseimbangan energi yang berasal dari kandungan nutriennya seperti protein dan lemak. Protein dan energi harus seimbang karena dapat mempengaruhi rasio pertumbuhan ikan. Tentu saja hal itu akan sulit dicapai bila hanya mengandalkan pakan alami.

Beberapa pembudidaya juga sering mengombinasikan pemberian pakan alami dan komersial. Sayangnya, perlakuan itu sering kali membuat kecukupan nutrisi tidak terjaga dan berdampak pada pertumbuhan lele yang tidak sempurna atau abnormal. Misalnya kepala lebih besar, tetapi tubuhnya kecil. Faktanya, lele tersebut kurang disukai pasar.

 

Sumber: Buku Paduan Praktis Pakan Ikan Lele

 

Baca Juga:  Mendag Kritik Masyarakat Indonesia yang Konsumsi Ikan Olahan Impor
loading...
loading...