Mengenal Jenis-jenis Wortel Berdasarkan Bentuk Umbinya

Pertanianku — Berbagai jenis wortel dapat ditanam dan tumbuh di Indonesia. Tanaman berwarna merah ini juga menjadi primadona sayuran yang umum dikonsumsi masyarakat. Selain harganya yang terjangkau, sayuran umbi ini juga mudah ditemui, dari supermarket sampai warung sayur.

jenis wortel
Foto: unsplash

Umbi merupakan bagian sayuran wortel yang dikonsumsi. Di Indonesia, umbi wortel biasa diolah menjadi sayur sup, sayur bening, sampai minuman jus.

Umbi wortel berwarna merah karena kandungan β-karoten yang tinggi pada wortel. Semakin merah warna umbi wortel, semakin tinggi kandungan β-karoten. Senyawa ini nantinya akan dikonversi menjadi retinol atau vitamin A yang baik untuk mata.

Loading...

Panjang umbi wortel biasanya 10—20 cm dengan diameter 1,5—3 cm. Meskipun demikian, ada pula umbi wortel yang hanya sebesar jari telunjuk bernama baby carrot.

Berdasarkan bentuk umbi, wortel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis kultivar. Kultivar adalah varietas tanaman yang dibudidayakan dan mempunyai sifat-sifat yang sudah mantap. Kultivar biasanya dibedakan berdasarkan bentuk, rasa, warna, atau sifat lainnya.

Kultivar ‘Imperator’

Wortel ‘Imperator’ memiliki bentuk umbi bulat panjang dengan ujung runcing seperti kerucut. Akar serabut tumbuh pada bagian umbi wortel tersebut. Umbi wortel sedikit tipis dan berwarna oranye.

Salah satu jenis wortel yang termasuk tipe ini adalah scarlet wonder. Sayangnya, wortel ini memiliki rasa yang kurang manis sehingga kurang disukai untuk konsumsi.

Kultivar ‘Chantenay’

Wortel jenis ini memiliki bentuk umbi bulat panjang (tebal) dan tumpul pada bagian ujungnya. Panjang wortel tipe ini mencapai 12 cm. Tidak terdapat akar serabut pada bagian umbi wortel.

Royal cross adalah salah satu contoh wortel kultivar ‘Chantenay’. Dibandingkan jenis lain, tipe ini memiliki tekstur yang lebih kasar. Sayuran umbi ini banyak disukai karena rasanya yang manis.

Kultivar ‘Nantes’

Bentuk umbi wortel kultivar ‘Nantes’ adalah peralihan dari tipe ‘Imperator’ dan ‘Chantenay’. Ukuran dari umbi wortel sedang dan warna umbi oranye gelap. Selain itu, tanaman ini berbentuk bulat tumpul dengan diameter bagian atas dan bagian bawah hampir sama.

Salah satu jenis dari kultivar ini adalah eary marketer. Kandungan air pada wortel ini lebih tinggi daripada lainnya sehingga jika dimasak rasa manisnya akan berkurang.

Loading...
Loading...