Mengenal Jenis Kubis

Pertanianku – Ada beberapa jenis tanaman kubis yang banyak diusahakan, di antaranya ialah kubis krop, kubis daun, kubis umbi, kubis tunas, dan kubis bunga. Pada saat ini jenis yang dikembangkan secara komersial adalah kubis putih dan kubis bunga.

Mengenal Jenis Kubis

Kubis krop (telur) atau yang terkenal dengan istilah kubis putih(Brassica oleracea L. var. capitata L.) berdaun membentuk krop. Daun ini menutup satu sama lain hingga warna krop menjadi putih. Krop kubi putih tersebut besar dan padat (kompak) hingga tahan banting jika dikirim jauh. Varietas yang termasuk jenis kubis putih di antaranya ialah hybrid K-K cross, K-Y cross, hybrid 21, R.v.E., yoshin, pujon, segon, copenhagen market, dan kubis merah. Sementara itu, varietas kubis telor yang dianjurkan untuk ditanam ialah hybrid 21, hybrid 31, hybrid K-K cross, hybrid K-Y cross. Semua varietas hybrid tersebut berasal dari Jepang. Varietas lainnya yang dianjurkan untuk ditanam ialah hybrid 368 dari Australia. Varietas kubis putih lokal seperti pujon, segon, dan yoshin kurang populer karena kropnya keropos (lunak). Kubis daun kampung (Brassica oleracea L. var. acephala DC) seperti kale dan kailan merupakan kubis terkenal dengan varietasnya benten dan tsoi-sim.

Loading...

Jenis kubis lainnya ialah kubis tunas atau kubis babat. Kubis tunas (Brassica olerace L. var. bullata DS) ini biasanya membentuk krop, bahkan tunas sampingnya pun dapat membentuk krop kecil. Oleh karena itu, dalam satu pohon terdapat beberapa krop kecil. Varietas yang termasuk ke dalam jenis kubis tunas di antaranya ialah brusselssprout (Brassica oleracea gemmifera DC), misalnya pearl, garmet, jasper, dan jade cross. Ada pula kubis lokal di Dieng yang sejenis dengan kubis tunas yang disebut argalingga. Kubis argalingga harganya murah.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Terung dengan Secara Organik

Kubis umbi (Brassica oleracea L. var. gongylodes L.) pada bagian dasar batang di bawah tanah atau di atas tanah membesar sehingga merupakan umbi besar. Kubis ini memiliki beberapa varietas, salah satunya kolrabi yang diperbanyak dengan biji, yaitu white vienna.

Jenis kubis yang terakhir yaitu kubis bunga (Brassica oleracea L. var. botrytis L.). Jenis kubis ini bakal bunganya mengembang dan membentuk masa bunga. Bunga tersebut berbentuk kerucut terbalik dan berwarna putih kekuning-kuningan. Adapun varietasnya ialah snowball dan snowpeak.

Jenis kubis lain yang mirip kubis bunga adalah yang disebut brokoli (Brassica oleracea L. var. cymosa Lam atau Brassica oleracea L. var. italica).Massa bunga brokoli berwarna hijau, lebih kompak, dan lebih lezat daripada kubis bunga.

 

Sumber: Buku bertanam 36 Jenis sayur

Loading...
Loading...