Mengenal Jenis Kurma yang Populer di Indonesia

Pertanianku — Di Indonesia, kurma populer sebagai makanan pembuka puasa. Buahnya yang manis dan rasanya yang legit bisa membantu tubuh mengembalikan energi yang hilang ketika puasa. Mengonsumsinya pun menjadi sunah bagi muslim yang berpuasa. Itulah yang membuat beberapa jenis kurma populer di Indonesia.

jenis kurma populer
Foto freepik

Kurma sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Teluk Persia. Pohon kurma bisa tumbuh setinggi 15—25 meter. Setidaknya, ada ratusan jenis kurma yang tersebar di dunia. Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya sangat populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini jenis-jenis kurma yang dimaksud.

Kurma ajwa

Populer dengan nama kurma nabi, kurma ajwa banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kurma ini konon merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad. Kurma ajwa punya tekstur yang halus saat dimakan.

Jika dilihat dari penampakannya, kurma ajwa cenderung berwarna cokelat tua kehitaman, bentuknya lebih kecil dibanding kurma jenis lain. Kurma ajwa banyak dibudidayakan di Madinah.

Kurma deglet noor

Kurma ini dikenal juga dengan nama kurma Tunisia. Kurma deglet noor berwarna kecokelatan dan pada bagian dalamnya berwarna keemasan. Teksturnya legit namun memiliki rasa yang tidak terlalu manis. Kurma deglet noor dijual dalam dua jenis, yaitu kurma kering dan kurma basah.

Kurma sukari

Kurma sukari dikenal juga dengan nama kurma raja. Hal ini karena pada zaman dahulu, banyak raja yang mengonsumsi jenis kurma ini. Kurma ini juga jadi favorit di wilayah Timur Tengah. Kurma ini berwarna cokelat terang. Bagian ujungnya berwarna kuning. Meski terlihat keras, ketika digigit, daging kurma akan terasa sangat lembut.

Kurma halawy

Halawy memiliki arti kata manis. Kurma halawy memang manis seperti madu. Ukuran kurma ini lebih kecil dibanding kurma kebanyakan dengan kulit cokelat keemasan. Daging kurma halawy cenderung lunak.

Baca Juga:  Tips dan Trik Membuat Lengkeng Matalada Rajin Berbuah dengan Lebat

Kurma Mesir

Kurma Mesir merupakan jenis kurma yang paing banyak beredar di Indonesia. Harganya terjangkau dan jumlah pasokannya yang cukup banyak membuat kurma ini mudah sekali ditemui. Bentuk kurma Mesir ini mirip dengan kurma Tunisia. Hanya saja tekstur kurma Mesir lebih keras dan tampak lebih keriput. Permukaannya pun terlihat lebih basah.

Kurma dayri

Kurma dayri memiliki tekstur lembut dan padat. Rasanya pun manis. Bentuknya beragam, mulai dari besar hingga kecil. Kurma ini sendiri berbentuk lonjong. Jika digigit, daging buahnya terasa lunak.

Kurma ambera

Kurma ini dikenal karena ukurannya yang besar dibandingkan kurma-kurma lainnya. Kurma ambera merupakan salah satu dari kurma terbaik yang dijual di wilayah Madinah. Beberapa orang memanfaatkan khasiat kurma ambera sebagai penyembuh beberapa jenis penyakit.

Kurma barhi

Berbeda dengan kurma kebanyakan, kurma barhi sangat kaya rasa. Rasa kurma barhi sendiri mirip dengan sirup. Kurma ini merupakan kebalikan dari ambera, yakni kurma terkecil dan paling rapuh.

Kurma khalasah

Kurma ini sangat terkenal di Arab. Tingkat kemanisannya pas, tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Buahnya dijuluki khlas. Rasanya disukai banyak orang dan bisa ditemukan di daerah Huffuf dan Qatif.


loading...