Mengenal Jenis Lintasan Walet Dilihat dari Populasinya


Pertanianku – Jumlah koloni walet yang melintas di sebuah lokasi tidak selalu sama. Hal itu tergantung pada besarnya populasi walet di sebuah lokasi sentra dan besarnya lokasi sumber pakan yang biasa didatangi walet. Penjelasan beberapa jenis lintasan walet adalah sebagai berikut.

Lintasan Walet Dilihat dari Populasinya

a. Lintasan besar

Disebut lintasan besar jika jumlah walet yang melintas di lokasi tersebut sangat banyak. Jalur ini disebut jalur utama karena hampir semua walet melewati jalur ini untuk mencari pakan dan pulang ke gedungnya kembali. Jalur tersebut dilalui oleh koloni walet dari satu lokasi sentra maupun dari beberapa sentra walet. Besarnya koloni walet yang melintasi lokasi tersebut ketika pagi maupun sore hari disebabkan adanya satu lokasi sumber makanan yang subur. Untuk mengetahui hal tersebut, dapat dilakukan pengamatan pada pagi hari sekitar pukul 05.30—06.00 dan sore hari pukul 17.30— 18.00. Ramainya walet yang melintas dapat diketahui dari riuhnya suara koloni walet yang melintas.

b. Lintasan sedang

Koloni walet yang melintas di lokasiini jumlahnya tidak sebanyak di lintasan besar. Jika pada lintasan besar waktu  yang dipakai segerombolan walet untu melintasi lokasi tersebut sekitar 30 menit maka di lintasan sedang, koloni walet yang melintas lebih cepat, yaitu sekitar 15 menit. Artinya, dalam waktu 15 menit, walet yang melintas di atas lokasi tersebut sudah hilang dari pandangan mata. Hilangnya pandangan koloni walet disebabkan jumlah sekelompok yang melintasi lokasi tersebut tidak terlalu banyak akibat sumber pakan yang berada di lokasi tersebut tidak terlalu besar. Pengamatan dapat dilakukan pada pagi hari saat walet mulai keluar gedung dan sore hari saat walet pulang ke gedungnya.

c. Lintasan kecil

Daerah lintasan yang hanya dilalui oleh koloni walet dalam jumlah sedikit pada pagi dan sore disebut lokasi lintasan kecil. Jumlah walet yang melintas pun tidak tetap, terkadang hanya puluhan ekor. Koloni walet kecil ini biasanya terdiri dari walet dewasa yang berani terbang terpisah dari koloni besarnya. Umumnya, koloni walet lebih menyukai terbang secara berkelompok. Tujuan terbang berkelompok ini untuk menghindarkan diri dari sergapan predator, baik elang atau kelelawar yang menghadang perjalanan di pagi dan sore hari. Di lintasan sepi ini tentu tidak prospektif jika dibangun gedung walet.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

 

loading...
loading...