Mengenal Jenis Walet Besar

0

Pertanianku – Jenis walet ini berwarna hitam dengan bulu bagian bawah berwarna cokelat gelap. Bulu ekor agak bercelah. Suaranya keras dan berderik. Walet besar merupakan jenis walet yang berukuran paling besar dibandingkan jenis walet lainnya. Panjang tubuhnya sekitar 16 cm. Walet ini banyak terdapat di semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa, terutama di daerah perbukitan dan hutanhutan pegunungan di setiap ketinggian.

Walet Besar

Dibandingkan bagian tubuh lainnya, ukuran sayap dan tubuh walet besar lebih besar sehingga walet ini dapat terbang relatif tinggi dan relatif cepat. Ketika terbang, walet besar memangsa serangga-serangga kecil yang menjadi makanannya. Walet besar lebih suka bersarang di lubang-lubang batu (gua kecil) atau celah-celah batu dekat air terjun.

Sarangnya tidak dapat dimakan. Sarang ini berbentuk mangkok yang terbuat dari campuran akar-akaran, lumut, dan serat-serat. Dibandingkan dengan walet jenis lain, sarang walet besar termasuk kotor dan bentuknya tidak beraturan. Jika bertelur, biasanya hanya sebutir. Warna telurnya putih dan berbentuk agak lonjong. Walet besar biasanya memasuki musim bersarang pada bulan November dan Desember.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

 

loading...
loading...