Mengenal Kandang Sapi Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya


Pertanianku – Tipe kandang berdasarkan bentuk dan fungsinya terdiri atas kandang individu dan kandang kelompok/koloni.

Prospek Usaha Penggemukan Sapi

a. Kandang individu

Kandang individu atau kandang tunggal merupakan model kandang yang digunakan untuk menempatkan satu ternak satu kandang. Bagian depan tempat kepala ternak berada merupakan tempat palungan (tempat pakan dan air minum), sedangkan bagian belakang adalah selokan pembuangan kotoran.

Kandang model ini dapat diberi sekat pemisah pada bagian depan ternak, mulai palungan sampai bagian badan ternak atau mulai palungan sampai batas pinggul ternak Tinggi sekat pemisah sekat sekitar 1 m atau setinggi badan sapi. Sapi di kandang individu diikat dengan tali tampar pada lantai depan. Luas kandang individu disesuaikan dengan ukuran tubuh sapi, yaitu panjang sekitar 2,5 m dan lebar sekitar 1,5 m.

Ada beberapa macam kandang individu menurut susunan, yaitu :

1) Satu baris dengan posisi kepala searah (stall tunggal)

Kandang individu dengan model satu baris kepala searah biasanya menggunakan tipe kandang yang mempunyai atap satu bidang (shade). Lorong yang digunakan untuk memberi pakan dan minum terletak di muka deretan kandang. Susunan ini biasanya hanya untuk peternak dengan jumlah sapi sedikit, sekitar 5—10 ekor.

Dua baris dengan posisi kepala searah (stall ganda face to face) Kandang individu model dua baris biasanya menggunakan tipe kandang yang mempunyai atap dua bidang. Lorong di tengah kandang yang mempunyai posisi kepala searah untuk memberi pakan dan minum.

2) Dua baris dengan posisi kepala searah (stall ganda face to face)

Kandang individu model dua baris biasanya menggunakan tipe kandang yang mempunyai atap dua bidang. Lorong di tengah kandang yang mempunyai posisi kepala searah untuk memberi pakan dan minum.

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!

3) Dua baris dengan posisi kepala berlawanan (stall ganda tail to tail)

Kandang yang mempunyai posisi kepala berlawanan. Lorong di tengah untuk membersihkan kotoran dan feses.

 

b. Kandang kelompok

Kadang koloni/kelompok atau kandang komunal adalah model kandang dalam suatu ruangan yang menempatkan beberapa ekor ternak secara bebas tanpa diikat. Satu orang tenaga kandang mampu menangani sekitar 50 ekor, sedangkan untuk kandang individu sekitar 15—20 ekor. Berdasarkan bentuk atap, kandang kelompok terdapat dua macam sebagai berikut.

1) Kandang kelompok beratap seluruhnya

Merupakan kandang kelompok yang tidak menerima pengaruh hujan dan matahari langsung. Kapasitas tampung ternak dalam kandang model inisekitar 5—6 m2 per ekor dan disesuaikan dengan kondisi litter. Semakin padat kondisi litter, akan semakin mudah becek.

Sepanjang bagian sisi kandang dilengkapi dengan tempat palungan.Palungan sisi depan kandang untuk tempat pakan hijauan dan tempat air  minum secara terpisah. Adapun palungan sisi belakang kandang untuk tempat pakan penguat atau konsentrat.

2) Kandang kelompok beratap sebagian

Merupakan kandang kelompok yang pada bagian depan kandang (terutama tempat palungan) ditutupi oleh atap. Kandang kelompok model ini identik dengan kandang pelumbaran terbatas. Bagian belakang kandang dilengkapi selokan pembuangan, terutama untuk menjaga kebersihan lantai kandang pada musim hujan. Pembuangan feses dilakukan secara berkala, yaitu 3—4 kali setahun atau sesuai kebutuhan.

Kelebihan sistem perkandang ini adalah ternak lebih bebas danadanya rak penyimpanan pakan kering (seperti jerami) sehingga pakan hijauan kering selalu tersedia.

 

Sumber: Buku Beternak Sapi Limousin

 

loading...
loading...