Mengenal Kandungan dan Khasiat Manggis


Pertanianku – Manggis mengandung gula sakarosa, dekstrosa, dan levulosa. Komposisi bagian buah yang dimakan per 100 g meliputi 79,2 g air; 0,5 g protein; 19,8 g karbohidrat; 0,3 g serat; 11 mg kalsium; 17 mg fosfor; 0,9 mg besi; 14 IU vitamin A; 66 mg vitamin C; 0,09 g vitamin B (tiamin); 0,06 mg vitamin B2 (riboflavin); dan 0,1 mg vitamin B5 (niasin).

Kandungan Manggis

Manggis menjadi komoditas buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan karena kaya vitamin C, memiliki antioksidan yang menangkap radikal bebas, dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Itu karena senyawa xanthone yang banyakterkandung dalam kulit buah. Xanthone adalah suatu bahan kimia aktif dengan struktur cincin enam karbon dan kerangka karbon rangkap.

Sekitar 40 jenis xanthone yang terdapat di kulit manggis, yakni antaranya mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alpha mangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin. Kadarnya mencapai 123,97 mg/ml.

Xanthone mempunyai aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel atau menghambat proses degenerasi sel (menghambat penuaan). Hal ini sangat penting apalagi di zaman sekarang, kita banyak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimiawi, polutan, dan bahan tiruan lain, yang semua itu sudah tidak terelakkan lagi. Xanthone juga mampu mengontrol penyakitdegeneratif, seperti arthritis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan terapi penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung iskemik, hipertensi, dan penyumbatan pembuluh darah (atherosklerosis).

Seluruh bagian pohon manggis dapat dipakai sebagai obat, mulai daun, buah, akar, dan kulit batang. Di bagian-bagian tersebut terdapat senyawa berkhasiat obat, seperti saponin, tanin, flavonoid, dan polifenol. Sebagai herbal, kulit manggis cukup mudah menyiapkannya, baik dalam bentuk segar atau kering. Dalam bentuk buah segar, kulit manggisdapat dibuat jus bersama daging dan bijinya. Dalam bentuk kering, kulit manggis dapat direbus atau  diseduh dengan air panas.Xanthone pada kulit manggis memiliki antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan kulit manggis 66,7 kali wortel dan 8,3 kali jeruk.

Baca Juga:  Benarkah Akibat Perubahan Iklim Rasa Biji Kakao Jadi Lebih Enak?

 

Sumber: Buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit

loading...
loading...