Mengenal Kandungan Daun Sukun

Pertanianku – Pohon sukun sendiri merupakan pohon yang dapat hidup dengan subur didaerah tropis dengan suhu berkisar 30–40 derajat Celcius. Pohon sukun berasal dari Asia Tenggara. Sukun merupakan tanaman buah yang tidak memiliki biji ini memiliki nama ilmiahnya Artocarpus altilis. Buah sukun biasanya diolah menjadi berbagai makanan salah satunya gorengan. Selain diolah menjadi gorengan sukun yang muda dapat dibuat menjadi sayur lodeh.  Sukun yang digoreng memiliki rasa yang empuk seperti roti.

Mengenal Kandungan Daun Sukun

Buah sukun juga merupakan sumber karbohidrat. Pohon sukun umumnya tidak terlalu tinggi serta memilik batang yang panjang dan lurus. Batang sukun memiliki fungsi untuk dibaut perabot rumah tangga dan juga perahu pada zaman dahulu. Tesktur kayu dari pohon sukun ini ringan dan kuat.

Loading...

Berikut beberapa kandungan daun sukun.

  1. Asam amino esensial

Kandungan daun sukun yang pertama adalah asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Asam amino sesensial di peroleh dari makanan yang mengandung asam amino esensial. makanan yang mengandung asam amino esensial ini adalah daun sukun, kedelai, putih telur dan ayam.

Asam animo dapat berfungsi sebagai.

  • Sebagai pertumbuhan. Pada masa pertumbuhan konsumsi asam amino baik untuk menunjang pertumbuhan tubuh.
  • Sebagai pemeliharaan tubuh agar sehat dalam emnjalankan aktifitas harian.
  • Sebagai cadangan energi pada tubuh.
  1. Omega 3 dan omega 6

Omega tiga dalam kandungan daun sukun sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak. Manfaat omega 3 dan omega 6 sama baiknya dikonsumsi . Tapi harap mengonsumsi omega 3 dan omega 6 tidak dalam jumlah berlebih. Makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6 adalah daun sukun, kacang-kacangan, biji – bijian, manfaat beras merah dan manfaat putih telur.

  1. Tanin

Tanin yang berada dalam kandungan daun sukun bersifat anti septik dan anti inflamasi. Tanin juga bagus untuk menjaga kecantikan kulit. Tanin banyak terdapat pada daun sukun, manfaat kopi dan manfaat teh hangat.

  1. Polifenol
Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Maag yang Mudah Dibuat

Polifenol banyak berasal dari tumbuh-tumbuhan. Berikut ini manfaat polifenol yang berada di dalam kandungan daun sukun antara lain.

  • Mencegah serangan radikal bebas karena sumber antiokasidan yang dimilikinya.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Sumber polifenol adalah daun suku, manfaat teh hijau, kacang-kacangan, manfaat minyak zaitun dan manfaat coklat.

  1. Kalium

Kalium yang terdapat dalam kandungan daun sukun bertugas sebagai pembentukan sel, organ dan jaringan didalam tubuh. Adapun fungsinya kalium adalah sebagai berikut.

  • Sebagai peyeimbang cairan pada tubuh.
  • Sebagai penghilang stress.
  • Sebagai penyeimbang tekanan darah dalam tubuh.
  • Untuk kesehatan tulang

Cara pengolahannya adalah:

Rebusan beberapa lembar daun sukun yang baru dipetik. Anda cukup meminum rebusan air daun sukun satu kali dalam sehari untuk mendapatkan khasiatnya. Tidak dianjurkan meminum air rebusan daun sukun dalam jumlah yang berlebih.

Loading...
Loading...