Mengenal Kandungan Nutrisi Dari Buah Apel


PertaniankuBuah apel segar yang dimakan berikut kulitnya mengandung ellagic acid, chlorogenic acid, caffeic acid, tannic acid, flavonoid—terutama quercetin (golongan flafonol), catechin, dan epicatechin (golongan proanthocyanidin—vitamin C, serat larut (terutama pektin), kalium, dan zink. Nutrisi penting dari apel tersebut sebagian besar berada di lapisan bawah kulit buahnya.

Pektin adalah serat larut yang akan membentuk gel di usus dan bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol sehingga kadarnya di dalam darah menurun. Kandungan serat buah apel tidak larut banyak ditemukan di bagian kulit yang akan meningkatkan kontraksi usus sehingga mempermudah buang air besar dan mengatasi sembelit. Quercetin berkhasiat antiradang dan antioksidan kuat yang akan menetralkan radikal bebas sebelum merusak DNA dan komponen penting di dalam tubuh termasuk di kulit untuk mencegah keriput.

Mengonsumsi catechin dan epicatechin setiap hari juga akan menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung koroner. Kandungan fitokimia maupun nutrisinya lebih tinggi kalau apel segar dimakan langsung bila dibanding dengan produk olahannya. Bila apel dimasak atau diproses dalam bentuk keripik, jus, dan produk olahan lainnya, kadar senyawa fitokimia akan menurun bahkan menghilang.

 

Sumber: Buku Fakta lmiah Buah dan Sayur

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kakao dengan Cara Ini
loading...
loading...