Mengenal Kebiasaan dan Pencernaan Pada Ikan


PertaniankuJenis makanan yang dapat dimakan tergantung kepada ukuran ikan, habitat, musim, dan adaptasi alat pencernaannya. Komposisi makanan ikan yang berukuran kecil akan berbeda dengan ikan yang besar. Hal ini selain karena adanya perbedaan dalam bukaan mulut juga dalam kemampuan mendapatkan makanan serta kebutuhan gizinya.

Mengenal Kebiasaan dan Pencernaan Ikan

Secara umum jumlah pakan yang dikonsumsi ikan berkisar 5—6% berattubuhnya per hari. Namun, jumlah tersebut dapat berubah-ubah tergantung pada suhu lingkungannya. Selama musim panas, ikan membutuhkan lebih dari 5% dari berat tubuhnya per hari, sedangkan selama musim hujan kurang dari 5% dari berat tubuhnya per hari.

Selain berpengaruh terhadap jumlah makanan yang dikonsumsi, suhu juga berpengaruh terhadap kegiatan metabolismenya. Pada suhu air yang hangat 24—30o C, nafsu makan ikan meningkat karena di kisaran suhu itu pengeluaran dan pemeliharaan tubuhnya meningkat.

Ukuran ikan juga berpengaruh terhadap jumlah konsumsi makanan per hari. Ikan-ikan kecil aktivitas metabolismenya lebih tinggi daripada ikan-ikan besar. Oleh karena itu, perbandingan antara jumlah konsumsi pakan dan berat badannya juga lebih tinggi daripada ikan besar.

Ikan-ikan predator umumnya memiliki ukuran bukaaan mulut relatif lebih besar dibandingkan dengan ikan herbivora. Di samping terdapat perbedaan ukuran bukaan mulut antara kategori ikan yang satu dengan ikan yang lain,untuk suatu jenis ikan yang sama, ukuran bukaan mulut ini berubah dengan perubahan ukuran ikan. Dengan demikian ukuran makanan dapat ditentukan oleh bukaan mulut ikan. Pada pemeliharaan larva, kelangsungan hidup larva sangat ditentukan oleh ketersediaan pakan yang ukurannya sesuai dengan bukaan mulutnya.

 

Sumber: Buku Paduan Praktis Pakan Ikan Konsumsi

 

 

Baca Juga:  Begini Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Baik dan Benar
loading...
loading...