Mengenal Keladi Tikus


Keladi Tikus

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Typhonium divaricatum (L.) Dence.
  2. Nama daerah : bira kecil, daun panta susu, ki babi, trenggiling mentik, ileus, kalamoyang, gofu sepa (Ternate).
  3. Nama asing : rodent tuber (Inggris), sek su (Cina).

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Keladi tikus bersifat antivirus dan anti bakteri. Bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini masih belum banyak diketahui. Efek farmakologis yang dimiliki keladi tikus, di antaranya mampu membunuh/menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan efek buruk chemoteraphy.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit. Tumbuhan ini sebaiknya digunakan dalam bentuk segar, diolah menjadi jus (sari tumbuhan), dan langsung diminum sesudah diolah. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan keladi tikus di antaranya sebagai berikut.

  1. Borok, luka, dan koreng

Tumbuk halus umbi keladi tikus, adas (Foeniculum vulgare Mill.), dan pulosari (Alyxia reinwardtii Bl.) secukupnya. Tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit.

  1. Frambusia

Aduk getah keladi tikus dan sedikit kapur sampai rata, lalu tempelkan ramuan pada bagian yang sakit.

  1. Kanker: payudara, paru-paru, usus besar, rektum, lever, prostat, ginjal, leher rahim, tenggorokan, tulang, otak, limpa, leukemia, empedu, dan pankreas

`               Rendam seluruh bagian tumbuhan keladi tikus (daun, batang, bunga, umbi) sebanyak 3 batang (50 g) selama setengah jam, lalu cuci sampai bersih.Tumbuk halus hasil rendaman, tambahkan 40 ml air matang, lalu peras dengan kain. Campurkan ½ sendok madu ke dalam larutan, lalu minum larutan 30 menit sebelum makan tiga kali sehari. Air perasan harus segera diminum dan tidak boleh disimpan.

  1. Menetralisir racun narkoba

Cuci umbi keladi tikus sebesar satu ruas ujung jari sampai bersih dengan air matang, lalu keprek dan langsung telan. Lakukan beberapa kali sehari.

Baca Juga:  Alpukat dan Almond Bisa Cerdaskan Otak Manusia

 

 

Sumber: Buku 262 tanaman Obat dan Khasiatnya

 

loading...
loading...