Mengenal Kelinci Mini Netherland Dwarf (ND)

Pertanianku – Kelinci mini terpopuler ini memiliki bobot ideal 0,907—1,134 kg berdasarkan kriteria resmi dari American Rabbit Breeders Association (ARBA). ND pertama kali diimpor ke Inggris pada tahun 1948, lalu masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1960— 1970.

Netherland Dwarf

Sebenarnya sebagian besar kelinci ras mini mengandung gen kelinci ND dalam tubuhnya. Kelinci yang berasal dari Belanda ini berwujud menggemaskan dengan bentuk kepala dan tubuh yang membulat nan kompak. Tampilan ini semakin menarik dengan sepasang teling yang sangat pendek, tidak seperti kebanyakan ras kelinci lainnya.

Loading...

Semakin pendek telinganya, kualitas ND akan dinilai semakin baik. Panjang telinga ND maksimal 6 cm. Ras ND terdiri atas beragam warna, yaitu putih, hitam, cokelat, black otter, blue otter, lilac, smoke pearl, sable point, tortoise shell, chestnut, siamese sable, opal, lynx, chincilla, tan, silver marten, sablemarten, orange, fawn, blue-eyed white, dan ruby-eyed white.

Kelinci ras ini relatif lincah untuk ukuran tubuhnya yang mungil. Akibat ukurannya yang kecil, akan lebih baik jika kelinci ini dipelihara oleh pemilik berpengalaman. Pasalnya, pemilik pemula yang belum ahli dalam teknik memegang kelinci berisiko menyebabkan cedera pada kelinci ini. Dengan latihan rutin, kelinci ND mampu membuang kotoran di tempat khusus yang telah disediakan pemilik.

Baca Juga:  Ketahui Tanda-tanda Anjing Betina akan Menstruasi dan Siap Dikawinkan
Loading...
Loading...