Mengenal Kelinci New Zealand, Kelinci Hias Sekaligus Pedaging

Pertanianku Kelinci new zealand terkenal sebagai kelinci bertubuh bongsor dengan bobot dewasa rata-rata 5 kg. Bobot tersebut jelas jauh di atas bobot kelinci lokal yang rata-rata hanya 1,5–3 kg. Kelinci ini memiliki sosok yang imut sehingga banyak yang ingin memeluk atau sekadar mengusapnya.

kelinci new zealand
foto: Pertanianku

Ukurannya yang besar membuat kelinci ini dwifungsi, yaitu bisa menjadi kelinci hias dan pedaging. Kelinci berukuran besar ini banyak dikembangkan di Amerika Serikat dan diakui oleh American Rabbit Breeder Association (ARBA) sejak 1916.

Saat ini kelinci new zealand terbagi menjadi empat varian warna, yakni putih, hitam, merah, dan broken atau campuran dua warna. Namun, kelinci new zealand hitam tidak menghendaki terpapar matahari langsung.

Bobot optimal ras new zealand dapat mencapai 5,4 kg per ekor. Kelinci ini tergolong baru di Indonesia sehingga masih jarang dikembangkan sebagai kelinci hias. Penyebabnya adalah populasinya yang masih terbatas.

Ras new zealand termasuk ras unggulan di Indonesia. Pasalnya, peserta kontes kelinci hias ras new zealand masih sedikit dibanding jenis lainnya.

Kelinci new zealand bisa saja dikawinkan dengan varian lain. Akan tetapi, penangkar wajib memberikan keterangan pada konsumen mengenai informasi tetua anakan saat menjualnya. Hal tersebut bertujuan agar konsumen mengetahui asal-usul kelinci yang akan ditangkarkan kembali.

Rata-rata ras kelinci new zealand bisa dikawinkan pada umur 8 bulan. Induk kelinci dapat menghasilkan 5–7 ekor dalam sekali melahirkan. Harga jual anakan ras new zealand tergolong masih tinggi serta bergantung pada kualitas, biasanya harga jualnya berada pada kisaran Rp2,5 juta–Rp6 juta. Mutu anakan terbagi menjadi tiga, yakni kualitas kontes, indukan, dan peliharaan. Tentunya, kualitas kontes memiliki harga jual yang lebih tinggi. Anakan sudah bisa dijual ketika berumur 3 bulan.

Baca Juga:  Jenis Sapi Bakalan yang Cocok Jadi Sapi Potong

Suhu ideal bagi kelinci new zealand adalah 23–25C. Suhu tersebut mendekati zona nyaman bagi kelinci ras ini. Makin tinggi kondisi suhu, akan semakin rendah nilai konsumsi bahan kering, pertambahan bobot, dan nilai konversi pakan.