Mengenal Kenari Eropa


Pertanianku – Sejarah kenari di Eropa dikenal sejak abad XIV dan sangat digandrungi, khususnya kaum hawa dari kalangan atas atau orang-orang kaya dan petinggi pemerintahan Eropa saat itu. Kenari pada masa itu dikenal sebagai burung kaum “ningrat” karena yang memeliharanya sebatas kalangan tertentu.

Mengenal Kenari Eropa

Semua bermula dari bangsa Spanyol yang membawa kenari liar dari Kepulauan Kenari yang ditaklukkannya dan dijajahnya sampai beberapa waktu lamanya. Dari abad ke abad penyebaran kenari terus menyebar ke daratan eropa lainnya yang meliputi wilayah Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Belgia, dan Rusia. Pada saat itu negara Eropa saling berlomba untuk menghasilkan kenari baru dengan mengawinsilangkan dari beberapa jenis kenari yang ada di wilayahnya. Hal itu sangat dimungkinkan, sebab kenari sangat mudah dikembangbiakkan dengan cara kawin silang. Sampai akhirnya bermunculan beberapa jenis kenari di beberapa negara Eropa dan dijadikan unggulan masing-masing negara bersangkutan.

Jenis kenari waterslager yang mempunyai variasi lebih dari 17 warna suara dikenal asal Belgia. Dari jenis kenari ini besar kemungkinanya dikembangkan di Belanda dan hasil pengembangannya dikenal sebagai kenari holland. Ciri kenari asal Belanda ini suaranya terdengar tebal, tetapi agak kotor dengan variasi suara cukup beragam seperti halnya waterslag er.

Negara Eropa lainnya seperti Jerman memunculkan jenis kenari unggulannya yang disebut roller (edelroller) dengan keunggulan suaranya yang terus-menerus menyambung. Baik waterslager dan roller, keduanya pernah ada di pasaran. Akan tetapi, jenis kenari holland masih mudah didapat di pasaran sekalipun jumlahnya sangat terbatas. Hal ini karena mulai tersaingi kenari lokal yang sudah banyak ditangkarkan di berbagai daerah.

Kenari eropa lainnya yang masih ada di pasaran lokal seperti yorkshire asal Inggris, crest, frill, gloster, dan border. Walau dalam jumlah terbatas, jenis kenari tersebut masih sering dijumpai di pasar lokal. Dari jenis yang ada, masing-masing mudah dikenali dan punya ciri khas. Kenari yorkshire bentuk tubuhnya seperti wortel terbalik. Keunikan kenari frill adalah bulu yang tumbuh di dadanya begitu lebat tampak terbalik.

Kenari crest dikenal sebagai burung fantasi dengan bulu kepalanya yang panjang sampai menutupi matanya. Sementara belgian fancy fisiknya seperti burung cacat, tubuhnya bongkok dengan kepala kecil dan di negara asalnya bentuk tubuhnya seperti itu akan terus dipertahankan. Jenis kenari eropa lain yang dikatakan unik adalah scotch fancy, yaitu badannya bongkok membentuk setengah lingkaran.

 

 

Sumber: Buku Kenari

 

loading...
loading...