Mengenal Khasiat Anggur untuk Gaya Hidup Sehat

Pertanianku— Buah anggur termasuk buah yang paling mudah ditemui di Indonesia. Buah ini sering dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi salad atau es buah. Bentuknya yang kecil membuat buah ini sangat mudah dimakan, dagingnya manis, dan berair. Di balik rasanya yang lezat, ternyata buah anggur menyimpan banyak khasiat. Khasiat anggur dapat mendukung Anda yang sedang menerapkan gaya hidup sehat.

khasiat anggur
foto: Pixabay

Berikut ini khasiat anggur yang sangat bagus untuk tubuh, apalagi untuk wanita.

Menjaga kesehatan kulit wajah

Biji anggur dapat menghasilkan minyak yang berfungsi menghilangkan kerutan di wajah. Minyak tersebut juga mengandung antioksidan dan asam lemak esensial. Kandungan ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap kencang tanpa adanya kerutan. Minyak anggur sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu mengoleskan pada bagian kulit wajah yang sudah mulai mengerut pada malam hari sebelum tidur.

Mengatasi susah tidur

Buah anggur mengandung hormon melatonin yang dapat mengatasi masalah susah tidur. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi buah anggur secara rutin untuk mengembalikan pola tidur menjadi lebih teratur.

Mengobati kelelahan

Rasa lelah setelah melakukan aktivitas dapat Anda atasi dengan meminum jus anggur. Di dalam jus anggur terdapat zat besi yang mampu memberikan tubuh Anda energi secara instan.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Rajin konsumsi anggur dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung. Hal ini karena kandungan oksida nitrat di dalam darah akan meningkat. Kandungan antioksidan yang berada di dalam anggur juga dapat menghentikan oksidasi LDL yang dapat menghambat pembuluh darah.

Mencegah katarak

Buah anggur mengandung flavonoid yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut dapat digunakan untuk mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga:  Jenis Jeruk yang Cocok Ditanam di Dataran Rendah

Antibakteri

Buah anggur juga mengandung antibakterial dan antivirus yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Mengatasi sembelit

Buah anggur mengandung asam organik, gula, dan selulosa yang dapat berguna sebagai pencahar. Dengan begitu, anggur bisa digunakan untuk mengatasi sembelit.