Mengenal Khasiat Daun Ajaib Asal Afrika


Pertanianku – Khasiat Daun Ajaib Asal Afrika yaitu daun afrika seakan tak perlu diragukan lagi, tingginya nilai penjualan daun ini bisa jadi indikasinya. Menurut Sudi Wardoyo, pembudidaya daun afrika asal Situbondo, Jawa Timur, daun afrika memiliki beragam khasiat yang baik bagi kesehatan karena dapat menyembuhkan beragam macam penyakit.

Mengenal Khasiat Daun Ajaib Asal Afrika

Manfaat utama daun afrika adalah sebagai obat kencing manis, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol buruk, menangani penyakit asam urat, sirosis hati, kanker hati, dan mampu mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh. “Meski rasanya pahit, tapi manfaatnya luar biasa,” ungkap Sudi.

Manfaat lain daun Afrika untuk kesehatan di antaranya adalah pereda nyeri rematik, infeksi tenggorokan, obat insomnia, gejala kesemutan, memperlancar kencing, memperkuat lambung, pereda batuk dan memaksimalkan kerja jantung. Bahkan daun afrika juga dipercaya bisa mengobati penderita malaria.

Namun, penggunaan daun afrika sangat tidak disarankan bagi wanita yang sedang haid dan hamil. Sudi berujar, untuk dapat dikonsumsi, sebaiknya daun afrika dikeringkan terlebih dahulu. Menurut Sudi, daun afrika yang lebih kecil justru memiliki bobot yang lebih berat karena memiliki tulang daun yang lebih banyak sehingga bobot keringnya lebih besar.

Cara mengonsumsi daun afrika dapat dibuat menjadi teh herbal. Rebuslah segenggam daun afrika kering yang dimasukan kedalam lima gelas air, rebus air hingga menyisakan segelas, saring, kemudian minum. Anda dapat memberikan madu untuk mengilangkan rasa pahit.

Baca Juga:  Makanan Ini Bisa Stabilkan Gula Darah