Mengenal Kolam Penetasan Telur Ikan


Pertanianku – Beberapa jenis ikan tidak membutuhkan kolam penetasan karena telur dapat ditetaskan di kolam pemijahan. Meskipun demikian, bukan berarti kolam penetasan telur tidak dibutuhkan. Telur akan sangat baik bila ditetaskan di kolam tersendiri. Misalnya telur ikan mas yang harus ditetaskan di kolam tersendiri karena biasanya akan dimangsa oleh induknya bila tidak cepat dipindahkan. Alternatif lainnya adalah dengan mengangkat induk secepatnya setelah selesai memijah.

Kolam Penetasan Telur

Untuk ikan yang memiliki naluri merawat anaknya akan sangat baik bila telur maupun benih tetap dibiarkan di kolam pemijahan bersama induknya seperti ikan nila, gurami, sepat siam, dan tambakan. Ikan nila merawat anaknya di dalam mulutnya, terutama bila sedang ada bahaya. Ikan ini juga memiliki kebiasaan mengerami telur-telurnya di dalam mulut sehingga mendapat julukan mouth breeder.

Untuk ikan tawes, kolam pemijahan boleh terpisah dengan kolam penetasan telur. Pemisahan kolam ini biasanya dilakukan ketika mengawinkan tawes dengan rangsangan. Untuk pemijahan alami/tradisional, kolam pemijahan dan penetasan telur tetap menjadi satu.

 

Sumber: Buku Budidaya 25 Ikan di Pekarangan

 

loading...
loading...