Mengenal Kompos Lebih Jauh


Pertanianku – Kegunaan kompos paling utama adalah untuk memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan bahan organik tanah. Namun, karena dalam penggunaannya kurang praktis, kotor, dan jumlahnya harus banyak, biasanya petani lebih memilih pupuk anorganik (kimia) yang lebih praktis. Dengan terbenturnya harga, saat ini para petani lebih memilih kompos untuk memupuk tanamannya.

pupuk

Kompos merupakan hasil fermentasi atau dekomposisi dari bahanbahan organik seperti tanaman, hewan, atau limbah organik lainnya. Kompos yang digunakan sebagai pupuk disebut pula pupuk organik karena penyusunnya terdiri dari bahan-bahan organik.

Kompos mempunyai beberapa sifat yang menguntungkan antara lain sebagai berikut.

1) Memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi ringan.

2) Memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai.

3) Menambah daya ikat air pada tanah.

4) Menambah daya ikat air pada tanah.

5) Memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah.

6) Meningkatkan daya ikat tanah terhadap zat hara.

Ada beberapa macam pupuk dari bahan organik yang dikenal, yaitu pupuk kandang, humus, pupuk hijau, dan pupuk guano. Pupuk hijau dan pupuk guano tidak mengalami proses penguraian atau pengomposan, sedangkan pupuk kandang dan humus melalui proses pengomposan.

Kompos merupakan semua bahan organik yang telah mengalami degradasi/penguraian/ pengomposan sehingga berubah bentuk dan sudah tidak dikenali bentuk aslinya, berwarna  kehitaman, dan tidak berbau. Bahan organik ini berasal dari tanaman maupun hewan, termasuk kotoran hewan. Namun, khusus pupuk yang dibuat dari kotoran hewan biasa disebut pupuk kandang. Adapun humus adalah hasil proses humifikasi atau perubahanperubahan lebih lanjut dari kompos. Proses humifikasi ini dapat berlangsung hingga ratusan tahun.

Proses pengomposan yang terjadi secara alami berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Sebagai contoh, pembuatan kompos memerlukan waktu 2—3 bulan, bahkan ada yang 6—12 bulan, tergantung dari bahannya. Sementara itu, untuk membuat pupuk kandang dibutuhkan waktu 2—3 bulan. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pupuk organik cukup lama, sementara kebutuhan pupuk terus meningkat. Dengan demikian, adanya kemungkinan akan terjadinya kekosongan ketersediaan pupuk bisa terjadi. Oleh karena itu, para ahli melakukan berbagai upaya untuk mempercepat proses pengomposan tersebut melalui berbagai penelitian. Beberapa hasil penelitian menunjukkan proses pengomposan dapat dipercepat menjadi 2—3 minggu atau paling lama sekitar 1—1,5 bulan; tergantung bahan dasarnya.

Baca Juga:  Inovasi Pie Labu Bening Viral di Dunia Maya
loading...
loading...