Mengenal Kondisi Tanah, Penyakit, Hama pada Lidah Buaya

Pertanianku – Lidah buaya adalah tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan dan sering digunakan sebagai masker. Menanam lidah buaya tidaklah sulit, tapi tetap harus dirawat dengan baik.

Mengenal Kondisi Tanah, Penyakit, Hama pada Lidah Buaya

Untuk merawat tanaman ini beberapa hal yang harus diperhatikan adalah paparan kondisi tanah, penyakit, dan hama. Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan mengenai kondisi tanah untuk menanam lidah buaya.

  1. Tanah harus dikeringan dengan baik dengan rasio pasir yang lebih banyak.
  2. Pasir yang ditambahkan sendiri sebaiknya diambil dari sungai daripada pantai karena lebih cocok dengan lidah buaya.
  3. Jika Anda menanam di pot, pastikan pembaharuan unsur hara tanah selalu ada dengan menggunakan teh kompos atau cacing tanah.

Selanjutnya Anda harus memonitor kesehatan tanah. Anda harus tahu bahwa lidah buaya bisa juga terkena penyakit. Terdapat dua penyakit lidah buaya yaitu, pembusukan akar dan pembusukan kering. Pembusukan akar dapat terjadi karena penyiraman yang berlebihan, dan pembusukan kering adalah kondisi dimana lidah buaya terlihat lemah karena kesalahan dalam pemeliharaannya.

Walaupun duri dari lidah buaya cukup melindunginya dari hama, namun binatang seperti kutu putih bisa menyerang lidah buaya. Jika tanaman terserang kutu putih ini semakin banyak dan fokuslah merawat tanaman lidah buaya dengan mengunakan pestisida.

Baca Juga:  Cyperus Haspan Viviparus L. Tanaman Hias untuk Menekan Pencemaran Air