Mengenal Kriteria Pepaya Unggul


Pertanianku – Berdasarkan taksonominya, tanaman pepaya dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

Divisi : Spermatophyta

Kelas : Angiospermae

Subkelas : Dicotyledonae

Ordo : Caricales

Famili : Caricaceae

Genus : Carica

Spesies : Carica papaya

Kriteria Pepaya Unggul

Berdasarkan morfologinya, pepaya termasuk buah buni dengan daging buah yang tebal dan memiliki rongga buah di bagian tengahnya. Batangnya berbentuk silinder dengan diameter 10—30 cm dan berongga. Daun-daunnya tersusun spiral berkelompok dekat dengan ujung batang, tangkai daundapat mencapai panjang 1 m, berongga dan berwarna kehijauan, merah jambu kekuningan dan keunguan. Helaian daunnya berdiameter 25—75 cm, bercuping 7—11, menjari, kadangkadang ada yang tidak menjari, serta tidak berbulu.

Buah pepaya umumnya berkulit tipis, halus, serta berwarna kekuning-kuningan atau jingga ketika matang. Daging buah yang berwarna kekuning-kuningan sampai dengan warna jingga merah memiliki rasa yang manis dengan aroma yang lembut dan sedap.

Seiring dengan berkembangnya ilmu genetika dan pemuliaan tanaman, para peneliti melakukan penelitian pepaya untuk mendapatkan pepaya yang lebih unggul. Pada dasarnya, tujuan umum dari pemuliaan pepaya adalah untuk mendapatkan kultivar yang lebih baik dari kultivar yang sudah ada. Tipe tanaman pepaya unggul yang diinginkan antara lain memiliki karakter pohon yang rendah (dwarf atau kerdil), masa pembungaannya cepat (genjah), produktivitasnya tinggi, dan tahan terhadap hama penyakit.

Tak hanya untuk memenuhi wawasan keilmuan, perakitan pepaya unggul juga ditekankan pada preferensi konsumen untuk konsumsi segar. Para konsumen menginginkan buah pepaya dengan karakter antara lain berukuran kecil dengan bobot buah berkisar 0,5—0,75 kg; sedang dengan bobot buah berkisar 0,75—2,5 kg; besar dengan bobot > 2,5 kg; warna daging buah jingga sampai merah, mempunyai warna kulit hijau tua dengan warna merah-jingga di selanya, rongga buah kecil (edible portion tinggi), kulit buah halus, bentuk buah lonjong (oblong), daging buah bertekstur padat (firm), rasanya manis dan tidak ada pahitnya atau rasa getah, shelf life lama, serta beraroma khas.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Sementara untuk industri papain, sifat-sifat buah pepaya yang diinginkan yaitu mempunyai ukuran buah besar (> 3 kg/buah), kandungan getah/papainnya tinggi, kulit buah halus, daging buah tebal, dan bentuk buahnya memanjang, serta berbuah terus-menerus.

 

Sumber: Buku Budidaya Pepaya Unggul

 

loading...
loading...