Mengenal Kupu-Kupu Transparan yang dapat Berkamuflase

PertaniankuGlasswing butterfly merupakan jenis kupu-kupu yang memiliki sayap transparan dengan ukuran 5–6 cm yang juga dapat berkamuflase dengan baik dalam mempertahankan diri ataupun melakukan perburuan.

Mengenal Kupu-Kupu Transparan yang dapat Berkamuflase

Transparansi sayapnya terlihat karena antara jaringan urat sayap tampak seperti kaca yang tidak mempunyai sisik berwarna seperti kupu-kupu pada umumnya. Pada bagian sayap terkadanga akan muncul warna oranye atau merah sedangkan kupu-kupu ini memiliki warna tubuh yang gelap.

Loading...

Glasswing butterfly saat dewasa dianggap cukup beracun, namun toksisitas terutama pada jantan karena memakan bunga yang memiliki kandungan alkoloid pyrrolizidine yang kemudian oleh kupu-kupu jantan tersebut diubah menjadi feromon yang dipergunakan untuk menarik kupu-kupu betina.

Transparansi merupakan salah satu sifat fisik yang sangat unik dan tentunya menarik  yang bisa dijumpai pada dunia binatang. Terdapat banyak hal yang cukup menarik dari adanya sifat transparansi tersebut seperti mekanisme serta tujuan yang mendasarinya. Binatang tersebut ada yang seluruh tubuhnya tembus pandang ataupun hanya sebagiannya saja dengan tujuan sebagai pertahanan dari serangan musuh.

Baca Juga:  Penyakit Leishmaniasis, Penyakit Zoonosis yang Ditularkan Lalat Pasir ke Manusia
Loading...
Loading...