Mengenal Lebih Dalam Jenis-jenis Pakan Ikan yang Ada di Pasaran

Pertanianku — Pakan ikan yang tersebar di pasaran memiliki perbedaan tiap jenisnya, meskipun dilihat sekilas bentuknya hampir sama. Pakan ikan yang diproduksi pabrik dijual dalam bentuk pelet dengan kandungan nutrisi yang bergantung pada pabrik yang memproduksi atau jenis ikan yang akan mengonsumsinya. Untuk pemula, pasti agak kesulitan untuk membedakan jenis-jenis pakan ikan di pasaran karena semuanya terlihat hampir sama.

jenis-jenis pakan ikan
foto: pertanianku

Berdasarkan bentuknya, pakan ikan terbagi menjadi tiga jenis, di antaranya bentuk tepung (mash), bentuk butiran kecil (pelet), atau bentuk butiran pecah (crumble). Bentuk fisik pakan harus disesuaikan dengan umur dan bukaan mulut ikan. Jika pakan yang diberikan tidak sesuai dengan umur dan bukaan mulut, ikan akan kesulitan untuk mengonsumsinya. Simak penjelasan di bawah ini mengenai jenis pakan berdasarkan bentuknya.

  1. Pakan yang berbentuk tepung (mash) merupakan pakan yang paling mudah diberikan. Pembudidaya bisa membeli pakan ini dalam bentuk tepung halus.
  2. Pakan bentuk butiran kecil atau pelet terkenal lebih mahal dibandingkan pakan yang berbentuk tepung. Dalam butiran pelet, semua nutrisi sudah tersedia sehingga penggunaannya sangat memudahkan pembudidaya. Pakan ini sering digunakan untuk ikan konsumsi yang dipelihara di kolam konvensional atau keramba jaring apung.
  3. Pakan yang berbentuk butiran pecah (crumble) adalah pakan yang dipecah. Tujuannya agar ukurannya jadi lebih kecil dan bisa dimakan oleh ikan.

Sementara itu, berdasarkan sifatnya, ada dua jenis pakan ikan yang berbentuk pelet, yaitu pelet terapung dan pelet tenggelam.

Loading...
  1. Pelet terapung akan mengambang di permukaan kolam ketika ditebar. Pelet hanya akan berada di permukaan air dan tidak akan tenggelam ke dasar kolam. Keuntungan penggunaan pelet terapung adalah mudah mengontrol jumlah pakan yang diberikan dan tidak termakan. Biasanya, formula pakan pelet terapung lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan ikan sehingga pertumbuhannya akan lebih optimal.
  2. Pelet tenggelam akan jatuh ke dasar kolam ketika ditebar. Pelet akan melayang di dalam air selama beberapa saat. Selanjutnya, pakan akan tenggelam ke dasar kolam.
Baca Juga:  Waktu yang Tepat untuk Memberikan Pupuk Susulan pada Kolam Ikan Nila

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...