Mengenal Lebih Dekat Lele Masamo

Pertanianku— Lele masamo merupakan salah satu jenis lele unggul yang disenangi pembudidaya. Lele ini diproduksi dan diperkenalkan pertama kali oleh pabrik pakan ikan PT Matahari Sakti di Mojokerto, Jawa Timur

lele masamo
foto: Pertanianku

Ikan lele masamo merupakan hasil pengumpulan sifat dari berbagai plasma nutfah ikan yang lele yang berasal dari berbagai negara. Salah satu di antaranya lele dumbo dan Clarias macrochephalus yang merupakan lele Afrika yang dikembangkan di Thailand. Lele Afrika ini memiliki pertumbuhan yang cepat dengan ketahanan tubuh tinggi.

Sementara itu, untuk lele Afrika yang sudah mengalami kohabitasi domestik di Asia memiliki daya toleransi yang tinggi terhadap lingkungan dan tahan terhadap penyakit lokal.

Lele unggulan ini memiliki ciri-ciri fisik yang cukup berbeda dari lele dumbo. Namun, saat masih berukuran benih ikan sangat sulit dibedakan dengan jenis ikan lele lainnya.

Ukuran tubuh yang lebih lonjong, menyerupai sepatu pantofel model lama. Bagian sirip (patil) lebih panjang, badan ikan lebih panjang dan berwarna kehitaman.

Ciri lain dari lele unggulan ini akan terlihat ketika ikan stres. Saat itu akan muncul warna keputihan atau keabu-abuan. Selain itu, pada bagian kepala berbentuk lebih runcing dan terdapat tonjolan di bagian tengkuk kepala.

Keunggulan masamo dibandingkan strain lain seperti sangkuriang, paiton, atau dumbo adalah cepat besar karena rakus. Waktu pemeliharaan yang lebih singkat ini dapat membuat perputaran modal pembudidaya lebih cepat sehingga keuntungan yang didapatkan lebih banyak dengan pengeluaran yang lebih kecil.

Nafsu makan masamo lebih kuat dan agresif. Manajemen pakan yang buruk dapat menyebabkan kanibalisme pada ikan yang terbilang rakus. Oleh karena itu, ikan ini harus dibudidayakan secara intensif dan serius, lele masamo kurang cocok dibudidayakan secara tradisional.

Baca Juga:  KKP Perbarui RAN Konservasi Sidat yang Dilindungi Secara Terbatas

Daya tahan hidup lele masamo menjadi keunggulan lain dari lele unggulan ini. Lele terbilang tahan dari berbagai serangan penyakit.