Mengenal Lebih Dekat Manfaat Buah Mentega

Pertanianku Buah mentega sebenarnya memiliki nama populer, yakni buah bisbul. Buah ini berasal dari Filipina dan sudah menyebar secara luas di wilayah tropis. Namun, di Indonesia sendiri buah mentega belum terlalu dikenal oleh masyarakat. Tanaman buah mentega bersifat evergreen, daun-daunnya bisa hijau tanpa gugur.

buah mentega
foto: indonesia.go.id

Salah satu ciri khas buah mentega adalah bulu-bulu beludru pada kulit buah. Bulu-bulu tersebut bisa hilang bila Anda gosok-gosokkan pada kain halus, kemudian buah dicuci dengan air bersih dan dikeringkan. Nama mentega disematkan pada buah ini karena rasanya manis dan gurih seperti keju. Tak hanya enak, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan di dalam buah

Dalam setiap 100 gram bisbul mengandung 2,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 11,8 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 4,6 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, vitamin A, vitamin C, tiamin, Riboflavin, dan energi.

Menjaga kesehatan jantung

Buah mentega bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yakni menjaga kesehatan jantung. Buah ini dapat membantu meregangkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat dari kandungan serat yang ada di dalamnya

Kandungan serat di dalam buah ini berfungsi menurunkan kolestrol. Dengan begitu, risiko pembekuan darah, serangan jantung, dan serangan stroke dapat diminimalisir.

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah yang terasa manis dan gurih ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di Filipina, buah bisbul sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah disentri dan diare.

Menjaga sirkulasi darah

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting dari buah ini ialah menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Buah mentega ini kaya kandungan zat besi yang dapat membantu tubuh meningkatkan jumlah sel darah merah.

Baca Juga:  Sederet Alasan Usaha Budidaya Jamur Skala Rumah Tangga Menguntungkan

Menjaga kesehatan pernapasan

Kandungan serat tinggi di dalam buah mentega yang terasa manis dan gurih bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di Filipina, buah bisbul sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah disentri dan diare.