Mengenal Lebih Dekat Peluang Pasar Sidat yang Menjanjikan

Pertanianku Peluang pasar sidat masih terbuka lebar bagi Anda yang ingin terjun pada bidang usaha ini. Pasalnya, permintaan sidat terbilang masih tinggi. Sidat dapat diolah menjadi berbagai olahan, mulai dari industri rumahan hingga pabrik. Ada dua peluang pasar sidat, yaitu pasar lokal dan pasar ekspor. Peluang di pasar ekspor terbilang lebih menjanjikan karena harga jualnya lebih tinggi, tetapi standarisasi produk yang ditetapkan juga tinggi.

pasar sidat
foto: Trubus

Pasar lokal

Permintaan sidat di pasar lokal terbilang bagus, pasalnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap konsumsi ikan semakin tinggi. Produk yang diminati di pasar lokal cukup beragam, mulai dari sidat mentah hingga produk olahan sidat.

Sayangnya, permintaan yang tinggi tidak diseimbangkan dengan pasokannya. Hal tersebut menyebabkan harga jual ikan yang mirip seperti belut ini naik-turun. Salah satu kendala besar budidaya sidat adalah ketersediaan benih yang masih mengandalkan alam.

Biasanya, harga komoditas ini melonjak tinggi saat benih sulit didapatkan. Sebaliknya, ketika panen benih melimpah, panen sidat juga akan ikut melimpah.

Pasar ekspor

Salah satu negara yang berpotensi menjadi tujuan ekspor adalah Jepang. Pasalnya, negara ini menjadi konsumen ikan sidat terbesar di dunia. Namun, sidat yang akan diekspor ke Jepang harus bebas dari bahan kimia. Oleh karena itu, sidat-sidat yang akan diekspor ke Negeri Sakura ini harus melalui proses uji klinis. Selain Jepang, sidat juga berpotensi untuk diekspor ke Amerika, Cina, Hongkong, Jerman, dan Italia.

Di beberapa negara subtropis, sidat tidak bisa berkembang dengan maksimal karena adanya fluktuasi suhu air atapun udara saat pergantian musim. Selain itu, budidaya di negara subtropis memerlukan modal yang cukup besar untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan ikan sidat.

Baca Juga:  Keunggulan Ikan Kerapu Cantang, Persilangan Kerapu Macan dan Kerapu Kertang

Berbeda di negara tropis, ikan ini dapat tumbuh dengan baik karena fluktuasi suhu yang terjadi antara musim kemarau dan hujan tidak begitu jauh. Oleh karena itu, Indonesia berpeluang menjadi negara penghasil sidat.

Tentunya, hal ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk memenuhi permintaan di pasar mancanegara. Buku Kupas Tuntas Budidaya Sidat dapat membantu Anda memulai usaha budidaya sidat. Sesuai judulnya, cara budidaya sidat hingga proses pemasarannya akan dikupas secara tuntas di dalam buku ini. Buku Kupas Tuntas Budidaya Sidat bisa didapatkan di Tokopedia dan Shopee Penebar Swadaya.