Mengenal Lebih Dekat Program Konservasi Orangutan Borneo di IIBF 2016

Pertanianku – BOS Fondation (Borneo Orangutan Survival) merupakan sebuah orgnisasi Indonesia yang didedikasikan untuk konservasi orangutan Borneo dan habitatnya. BOS Fondation juga turut bekerjasama dengan masyarakat setempat, Kementerian Kehutanan Republik Indonesia dan organisasi mitra internasional yang bertempat di Kalimantan. Hal pertama yang menjadi fokus utama BOS Fondation adalah menjadi tempat tinggal orangutan yaitu hutan.

Mengenal Lebih Dekat Program Konservasi Orangutan Borneo di IIBF 2016

BOS Fondation sendiri saat ini merawat lebih dari 750 orangutan dengan dukungan 400 karyawan yang berdedikasi tinggi, serta juga para ahli di bidang primata, keanekaragaman hayati, ekologi, rehabilitasi hutan, agroforestri, pemberdayaan masyarakat, edukasi, dan kesehatan orangutan.

Loading...

Mengenal Lebih Dekat Program Konservasi Orangutan Borneo di IIBF 2016

Tahukah Anda jika orangutan hanya terdapat di kawasan Asia yakni Indonesia. Di Indonesia keberadaan orangutan hanya ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Di Kalimantan yang terdapat di teritori Indonesia sebanyak 90% dan sebagian kecilnya terdapat di teritori Malaysia sebanyak 10%. Orangutan yang terdapat di Sumatera berbeda species dengan orang-utan yangterdapat di Kalimantan.

Di Kalimantan sendiri terdapat 1 spesies dan 3 sub spesies orangutan. Bos Fondation mengelola 2 sub spesies. Di dalam BOS Fondation orangutan akan diajarkan caraya menjadi liar. Di dalam sekolah, orangutan diajarkan dan di didik untuk bertahan hidup nantinya di alam bebas yakni hutan. BOS Fondation (Borneo Orangutan Survival) adalah NGO Indonesia yang bekerja secara khusus untuk menyelamatkan orangutan di Kalimantan dan rumahnya.

BOS Fondation tak hanya mengajarkan orang-utan untuk menjadi liar, namun juga mengajaran mengenal bahan makanan selain buah saat tidak musim buah. Makanan lain orang utan berupa rotan, umbi, dan beberapa tumbuhan yang bisa dimakan. Di dalam BOS Fondation itulah semuanya akan diajarkan.

Di habitat aslinya, orangutan biasanya akan bergerak sejauh 100 hektare setiap harinya. Dan ketika mereka telah bergerak sejauh 100 hektare, orangutan akan makan.Makanan yang biasanya dimakan oleh orang-utan berupa buah-buahan pada musim buah.

Baca Juga:  Ketahui Tanda-tanda Anjing Betina akan Menstruasi dan Siap Dikawinkan

“Sebenarnya manusia yang membutuhkan orang utan. Hal ini karena orangutan membantu kelestarian alam di hutan. Karena orangutan membantu menanam pohon dengan menebar biji-bijian ke hutan dari sisa makanan meraka. Biji-biji inilah yang nantinya tumbuh menjadi sebuah pohon,” ungkap Jamartin.

Karena pada dasarnya salah satu sumber kehidupan manusia adalah pohon. Tanpa adanya pohon alam akan menjadi tidak seimbang. Dan akan menyebabkan banjir dimana-mana.

“Tidak ada hewan yang diciptakan tanpa memiliki fungsi dan peran,” ucap Dr. Jamartin CEO BOS Fondation, pada seminarnya di IIBF 2016 (28/9).

“Orangutan juga disebut sebagai Umbrella Species (spesies payung). Dengan adanya orangutan ada banyak makhluk lain yang terselamatkan,” lanjut Jamartin.

Itu yang menjadikan BOS Fondation tertarik untuk menyelamatkan orang utan. Pasalnya jika kita menyelamatkan orangutan itu sama saja kita menyelamatkan diri kita sendiri. Orangutan menanam di hutan untuk memberikan oksigen pada makhluk hidup lainnya salah satunya manusia.

Loading...
Loading...