Mengenal Lebih Jauh Bangsa-bangsa Kuda


Pertanianku – Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki jenis-jenis kuda sangat bervariasi. Kuda tersebut berasal dari berbagai tempat di dunia, kemudian dikembangkan sendiri di Amerika Serikat. Beberap jenis masih tetap sama dengan keadaan di daerah asalnya.

jenis jenis kuda

1. Kuda american saddle

Bangsa kuda ini merupakan kuda tunggang yang berasal dari Denmark. Karakteristik yang menonjol adalah enak dinaiki untuk jarak jauh dan dapat dipekerjakan sambil membawa beban.

2. Kuda appaloosa

Kuda appaloosa berasal dari Bahasa Perancia, yaitu Palouse yang berarti padang rumput. Ciri khas kuda ini yaitu warna tubuhnya totol-totol, terutama di atas punggung dan pinggangnya.

3. Kuda arabian

Kemungkinan kuda arabian berasal dari Mesir dan dikembangkan di Arab. Ciri khas kuda ini adalah kecepatan larinya, daya tahan tubuhnya, dan kecantikannya. Sifatnya jinak dan lebih suka bersahabat dengan manusia.

4. Kuda american quarter

Bangsa kuda ini merupakan hasil inovasi dari Amerika. Saat ini, dikenal ada dua tipe kuda quarter, yaitu tipe pacuan dan tipe pekerja. Tipe pacuan merupakan kuda american quarter yang dipersilangkan dengan kuda thoroughbred untuk meningkatkan kecepatan larinya. Sementara tipe pekerja ditujukan untuk dinaiki sebagai kesenangan.

5. Kuda ehoroughbred

Kuda ehoroughbred digunakan untuk lomba karena penampilannya bagus dan kecerdasannya tinggi. Kecepatan larinya kencang dan daya tahan tubuhnya tinggi.

6. Kuda clydesdale

Kuda clydesdale terkenal sebagai penarik kereta angkut dengan ukuran besar. Penampilan kuat dan warna tubuhnya cerah.

 

Sumber: Buku Budidaya 22 Ternak Potensial

Baca Juga:  Kenapa Sapi Brahman Harus Diperlakukan Khusus?
loading...
loading...