Mengenal Lebih Jauh Jenis Kambing Boerka

PertaniankuKambing lokal Indonesia lebih diminati peternak karena memiliki beragam keunggulan. Kini, Puslitbang Peternakan sudah merilis jenis kambing baru yang merupakan hasil persilangan kambing impor dan kambing lokal dan diberi nama kambing boerka.

Kambing lokal
Foto: pixabay

Salah satu jenis kambing lokal yang banyak diternakkan adalah kambing kacang. Keunggulan kambing kacang ini antara lain mudah dirawat, lebih tahan banting terhadap kondisi iklim yang naik turun, mudah diberi berbagai jenis pakan, dan menghasilkan anakan dalam jumlah banyak.

Namun, kambing kacang ini juga memiliki kekurangan. Pertumbuhan kambing kacang relatif lebih lambat dibanding jenis kambing impor kebanyakan. Selain itu, ukuran kambing kacang juga terbilang kecil. Dengan begitu, produktivitas kambing pun tidak setinggi yang diharapkan.

Loading...

Berdasarkan fakta-fakta tadi, Puslitbangnak mencoba mengawinsilangkan kedua jenis kambing unggul. Persilangan kambing impor jenis boer dan kambing lokal jenis kambing kacang menghasilkan kambing boerka. Nama ‘boerka’ sendiri merupakan gabungan dari kata ‘boer’ dan ‘kacang’.

Kambing boerka memiliki pertumbuhan yang relatif cepat. Bahkan, bobot lahir kambing boerka mampu mencapai 40 persen lebih berat daripada kambing kacang. Selain itu, pertumbuhannya juga 45 persen lebih cepat, terutama untuk kambing jantan. Kambing boerka betina memiliki kecepatan pertumbuhan 40 persen lebih cepat dibanding kambing indukannya.

Jenis kambing boerka ini dapat diternakkan dalam jangka waktu 12—18 bulan saja. Setelah itu, kambing boerka akan siap potong. Estimasi berat yang dimiliki oleh kambing usia tersebut berkisar 26—36 kilogram per ekor.

Keunggulan kambing boerka tak hanya pada pertumbuhannya. Daya tahan kambing boerka juga hampir mirip dengan kambing kacang. Kambing hasil persilangan ini mewarisi karakter kambing kacang yang disukai karena tahan banting. Kambing boerka cocok dibudidayakan di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Baca Juga:  Memahami Kandungan Dedak dan Bekatul untuk Pakan Ternak

Dari segi rasa dagingnya, kambing boerka tak bisa diremehkan. Tekstur dan rasa kambing ini juga mirip dengan induknya, yakni kambing kacang. Karkasnya pun tergolong dalam mutu I seperti kambing kacang. Sifat fisik dan kandungan nutirisinya juga tak jauh berbeda. Jadi, tak perlu khawatir bila Anda ingin beternak kambing boerka.

Loading...
Loading...