Mengenal Lebih Jauh Turnip, Sayuran Eropa

Pertanianku Turnip atau Brassica rapa adalah sayuran sejenis lobak yang belum populer di Indonesia, tapi sudah cukup populer di belahan bumi lainnya, yakni Eropa bagian selatan. Di sana, sayuran ini dimanfaatkan sebagai bahan pakan yang diolah menjadi sayuran dan digunakan juga menjadi obat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

turnip
foto: pixabay

Asal tanaman ini masih kurang diketahui dengan pasti. Namun, Anda bisa menemukan tanaman ini banyak ditanam di hutan belantara Rusia dan Siberia. Tanaman ini memang menyukai daerah-daerah subtropis seperti negara Eropa dan Amerika. Tanaman ini akan tumbuh subur pada musim panas dan dingin. Tak heran jika di Indonesia tanaman ini masih jarang ditemui.

Karena jarang ditemui keberadaannya, peminat sayuran ini masih terbilang sangat jarang. Biasanya sayuran ini diolah menjadi sayuran yang menggunakan umbi tanamannya. Namun, tangkai beserta daunnya sebenarnya juga bermanfaat. Umbi turnip berbentuk bulat atau silinder, berdaging tebal, berukuran relatif sedang hingga besar, dan berwarna putih kehijauan atau putih keunguan di bagian atas umbi.

Loading...

Meskipun keberadaannya masih jarang di Indonesia, tanaman ini sudah memiliki banyak varietas yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah tokyo cross yang berbentuk bundar sempurna dan berwarna putih, varietas just right, varietas oasis, express white, dan tokyo market.

Kandungan gizi dari lobak ini terbilang cukup tinggi seperti vitamin A, C, dan sejumlah vitamin B. Tak hanya vitamin, turnip juga mengandung Ca, Fe, dan P.

Jika Anda ingin membeli turnip, sebaiknya beli turnip yang masih cukup keras, tidak bebercak dan bernoda, serta pada bagian daunnya masih segar. Turnip yang akan diolah harus dikupas terlebih dahulu. Setelah itu, lobak bisa dipotong sesuai dengan selera seperti korek api, bentuk daun, diris tipis-tipis, atau diiris bentuk lainnya.

Baca Juga:  Sayuran Buah yang Mudah Ditanam

Turnip bisa diolah dengan ditumis dan direbus dengan air garam. Kadang-kadang lobak ini bisa diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Turnip dimasak selama 10—15 menit hingga cukup empuk. Varietas oasis bercita rasa manis dan enak disajikan mentah dengan saus krim atau saus keju.

 

 

Loading...
Loading...