Mengenal Lele, Si Ikan Berkumis

0

Pertanianku – Siapa yang tidak kenal lele? Salah satu komoditas perikanan di Indonesia yang terbilang populer. Sebagai ikan konsumsi, lele memiliki banyak kelebihan, di antaranya harga yang relatif murah sehingga terjangkau oleh semua kalangan. Selain itu, kandungan gizi di dalamnya pun cukup tinggi disertai rasa yang lezat. Oleh karena itu, tak heran bila kebutuhan akan lele terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini membuat lele termasuk sebagai salah satu komoditas penting dalam perikanan air tawar di Indonesia.

Alasan Memilih Bisnis Pembesaran Lele

Dulu, lele kerap dianggap sebagai hewan yang kotor dan menjijikkan karena memakan apa saja sehingga hanya kalangan tertentu yang terbiasa mengonsumsinya, misalnya para petani atau kalangan menengah ke bawah yang memang menggemarinya. Namun, lain dulu lain sekarang. Seiring berjalannya waktu, lele semakin naik derajat karena saat ini sudah banyak orang yang mengetahui bahwa selain harganya murah, lele memiliki rasa daging yang khas, lezat, dan bisa disajikan dengan tampilan berbeda. Inilah yang membuat lele semakin populer dan digemari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Kebutuhan untuk membudidayakan lele juga dipicu karena kemudahan dalam membenihkan dan membesarkannya. Siklus pemeliharaannya pun termasuk cepat. Bahkan, saat ini sudah bisa dihasilkan panen lele konsumsi ukuran 8—10 ekor per kg hanya dalam waktu dua bulan. Selain itu, lele memiliki daya tahan yang relatif tinggi. Walaupun pada aplikasinya di lapangan relatif mudah, lele tetap tak lepas dari kendala yang mungkin dihadapi. Terlebih, bila kondisi alam tak menentu, seperti hujan terus-menerus maka serangan penyakit pun tak terhindarkan. Namun, jika ada kemauan untuk belajar dan pantang menyerah, kendala atau kesulitan yang dihadapi pasti bisa teratasi.

 

Sumber: Buku Bisnis Benih Lele Untung 200%

loading...
loading...