Mengenal Manfaat Buah Kokosan, Buah yang Telah Lama Terlupakan

Pertanianku – Bagi Masyarakat Indonesia Begitu populernya Buah Duku membuat orang pun mulai melupakan kerabat dekatnya yakni Kokosan. Bahkan banyak yang mungkin sama sekali tak mengenal manfaat buah kokosan. Padahal jika dikaitkan, duku dan kokosan merupakan saudara kembar.

Mengenal Manfaat Buah Kokosan, Buah yang Telah Lama Terlupakan

Kokosan adalah kerabat dekat Duku. Bahkan di sejumlah daerah masyarakat sering menganggap keduanya sebagai buah yang sama. Ternyata memang ada fakta ilmiah yang menarik dari Kokosan. Dahulu Kokosan, Duku dan Langsat atau Langsep dianggap sebagai varietas dari satu spesies yang sama yakin Lansium domesticum. Ketiganya pun sering tertukar dan rancu karena memiliki morfologi yang sangat mirip.

Ciri-ciri Buah Kokosan (L. domesticum var. aquaeum) dibedakan oleh daunnya yang berbulu, tandannya yang penuh butir buah yang berjejalan sangat rapat, dan kulit buahnya yang berwarna kuning tua. Butir-butir buahnya umumnya kecil, berkulit tipis dan sedikit bergetah, namun sukar dikupas. Sehingga buah dimakan dengan cara digigit dan disedot cairan dan bijinya (maka disebut kokosan), atau dipijit agar kulitnya pecah dan keluar bijinya (maka dinamai pisitan, pijetan, bijitan).

Bentuk pohon kokosan hampir sama dengan pohon duku, namun bentuk daunnya lebih lanset, bulu daun lebih lebat dan kasar; malai bunga lebih panjang; buahnya lebih kecil. Kadang daging buahnya berwarna kuning kemerah-merahan dengan biji relatif besar dan berdaging tipis, dan berair. Kokosan umumnya berasa masam sampai masam sekali. Buah kokosan ini biasanya dijual berikut tangkainya, karena buah yang matang masih kuat menempel di tangkai buah. Kalau makan kokosan hati-hati jangan sampai bijinya tergigit.

Karakteristik keduanya pun berbeda. Meski warna kulit buah keduanya sangat mirip namun Kokosan memiliki bentuk buah bulat telur sementara Buah Duku berbentuk bulat hingga elips. Dibanding Duku, kulit kokosan jauh lebih tipis dan susah untuk dikupas secara bersih. Saat dikupas kokosan mengeluarkan lebih banyak getah dibanding Duku. Getah kokosan berwarna putih seperti susu dan lengket seperti lateks. Oleh karena itu kokosan biasa dinikmati dengan cara tekan dengan jari lalu dihisap buahnya. Sementara Duku lazim dinikmati dengan dikupas lebih dahulu.

Baca Juga:  Varietas Tomat yang Sering Ditanam di Indonesia

Berikut manfaat buah kokosan.

  • Manfaat buah kokosan mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  • Manfaat buah kokosan selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
  • Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
  • Sebagian orang juga percaya, benalu pohon buah kokosan dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.