Mengenal Manfaat dan Kegunaan Ciplukan di Dapur Anda

Pertanianku — Tahukan Anda apa itu buah ciplukan? Akhir-akhir ini, buah ciplukan kembali melejit karena khasiat kesehatannya yang ampuh sehingga mulai ramai dibudidayakan lagi. Selain bermanfaat sebagai obat, kegunaan ciplukan juga cukup berarti di dapur Anda.

kegunaan ciplukan
Foto: Kebunpedia

Buah ciplukan yang memiliki nama Latin Phisalis angula dan nama Barat ground cherry merupakan tumbuhan semak-semak musiman yang mudah tumbuh liar di mana saja. Selama ini, banyak yang mengira jika buah ciplukan itu berasal dari Indonesia. padahal, sebenarnya asal buah ciplukan itu dari Amerika Selatan, yang juga banyak tersebar di negara-negara Asia dan Eropa.

Di Indonesia sendiri, tanaman buah ciplukan terkenal dengan berbagai nama, tergantung daerahnya. Misalnya, di Sunda dikenal dengan nama cecenet, nyornyoran (Madura), keceplokan (Bali), leletep (Sumatera), dedes (Sasak), dan masih banyak lagi. Biasanya, buah ciplukan bisa dengan mudah ditemukan di daerah pedesaan.

Loading...

Bentuk dari buah ciplukan ini menurut saya sangat unik. Buahnya berbentuk bulat kecil dan dilindungi oleh kelopak daun yang mengembang, persis seperti lampion. Karena itulah, beberapa orang menyebut buah ciplukan sebagai Chinese Lantern. Saat masih muda, warna dari buah ciplukan ini hijau muda, dan memiliki rasa yang pahit. Akan tetapi, jika sudah matang, buahnya berubah menjadi kuning-jingga dan rasanya pun akan sangat manis.

Meskipun ciplukan termasuk tanaman semak, jangan salah, manfaatnya bagi kesehatan luar biasa banyak. Buah ciplukan punya kandungan tinggi vitamin A, C, dan B sehingga berperan sebagai anti-oksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga ampuh mengobati flu, demam, serta asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, hingga mencegah kanker.

Kegunaan dalam masakan

Dari segi pemanfaatan, biasanya buah ciplukan yang sudah matang dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang manis. Ada juga yang merebusnya bersama air dan diminum sebagai obat herbal. Tapi, bagi Anda yang kesulitan untuk menemukan buah ciplukan ini, sekarang buah ciplukan sudah banyak dimanfaatkan dan diolah ke dalam bentuk seperti teh, bahkan kapsul. Jadi, lebih praktis juga untuk dikonsumsi.

Baca Juga:  Buah Ini Bisa Jadi Alternatif Daging Berkhasiat untuk Para Vegan

Jika di luar negeri, buah ini sering dijadikan selai dan saus karena kandungan pektinnya yang tinggi, dijadikan campuran salad bahkan sereal sarapan, serta digunakan sebagai topping cake, pie, dan tart.

Loading...
Loading...