Mengenal Manfaat Daun Kina

Pertanianku – Daun kina atau yang memiliki nama ilmiah Cinchona calisaya (kina kalisaya) merupakan tanaman yang memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Tanaman herbal ini umumnya tumbuh secara liar di hutan yang berlumut dan juga hutan basah.

Mengenal Manfaat Daun Kina

Pohon kina memiliki kulit yang berasa pahit. Tanaman kina ini termasuk dalam tanaman yang menyerbuk secara silang dan heterozigot. Oleh karena hal tersebut, hasil penyerbukan dari tanaman kina menghasilkan biji yang sangat beragam.

Loading...

Tanaman kina ini tumbuh liar di hutan basah ataupun hutan berlumut. Tempat tumbuh asalnya di Pegunungan Andes yang terletak di Amerika Selatan dan berada pada ketinggian 1.050—1.500 meter di atas permukaan laut.

Tanaman kina tumbuh baik pada lereng gunung yang memiliki curah hujan di atas 2.000 mm setiap tahunnya dan tersebar merata sepanjang tahun. Adapun iklim yang cocok dengan kina cenderung lembap dengan suhu antara 12—21 derajat Celcius.

Tanaman kina menyebar ke daerah India dan Indonesia. Di Pulau Jawa sendiri tanaman kina dibudidayakan di daerah pegunungan dengan ketinggian antara 800 hingga 1.600 meter di atas permukaan laut.

Daun kina berbentuk bulat telur. Panjang 8–15 cm dan lebar 3—6 cm. Permukaan bagian bawah daun memiliki rambut halus seperti beludru terutama pada daun yang muda. Panjang tangkainya 1—1,5 cm. Bagian kulitnya memiliki rasa pahit. Bunga kina berambut halus seperti beludru. Kelompok bunga mengumpul di setiap ujung perbungaan. Kelompok bunga ini berbentuk tabung dan bergigi di bagian atasnya. Bunga kina berbentuk bintang dan harum baunya. Adapun panjang tabungnya berkisar 9 mm. Buah kina matang memiliki warna kemerahan dan berbentuk seperti telur.

Daun kina sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, tanaman herbal ini dapat dijadikan obat untuk beberapa penyakit. Ini dikarenakan adanya kandungan-kandungan yang membuatnya bisa dijadikan sebagai obat herbal, seperti alkaloida, kinina, kinida, asam kinat, dan sinkonidina. Berikut beberapa manfaat daun kina yang perlu Anda ketahui.

  • Mengobati malaria.
  • Mengobati penyakit jantung.
  • Mengobati kejang otot.
  • Mengobati flu burung.
  • Dijadikan bahan untuk pembuatan kosmetik.
  • Dijadikan sebagai pestisida nabati.
Baca Juga:  Sayur yang Kaya Vitamin C, Bagus untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Loading...
Loading...