Mengenal Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan


Pertanianku – Anda pasti mengenal daun suji bukan? Terlebih bagi Anda yang hobi masak pasti mengenalnya. Daun suji biasa digunakan sebagai pewarna makanan alami. Daun suji jika diamati bentuknya mirip dengan daun pandan.

Mengenal Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan

Daun pandan biasa digunakan untuk diambil warna dan juga aromanya. Manfaat daun suji biasanya dipakai karena daun ini tidak memiliki aroma seperti daun pandan.

Selain dimanfaatkan sebagai pewarna, ternyata daun suji memiliki manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat daun suji.

  1. Mengobati gusi berdarah

Manfaat daun suji yang pertama adalah dapat mengobati gusi yang berdarah. Gusi merupakan salah satu bagian yang ada di dalam mulut. Gusi dapat terkena infeksi yang menyebabkannya berdarah.

Cara untuk mendapatkan manfaat daun suji cukup mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun suji. Kemudian rebus daun suji dan gunakan air rebusannya untuk berkumur. Lakukan secara rutin dan teratur sampai gusi kamu sembuh dan tidak berdarah lagi.

  1. Mengatasi sakit perut

Anda tentu pernah merasakan sakit perut. Yang disebabkan karena diare atau karena makan-makanan yang tidak sehat. Untuk mendapatkan manfaat daun suji cobalah minum air rebusan daun suji.

Karena di dalam daun suji mengandung zat bernama flavonoid dan tanin yang berfungsi sebagai anti bakteri. Ketika minum air rebusan daun suji, maka bakteri yang ada di dalam perut penyebab sakit perut dapat diatasi.

3. Melancarkan Aliran Darah

Selain untuk merawat kesehatan kulit, polifenol juga dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Polifenol akan merenggangkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

Untuk mendapatkan aliran darah yang lancar, konsumsilah rebusan daun suji secara teratur. Selain aliran darah jadi lancar, kamu juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Baca Juga:  Mengonsumsi Cabai Sangat Baik untuk Kesehatan

4. Mencegah Kerusakan Sel

Manfaat daun suji yang terakhir dapat mencegah kerusakan sel. Senyawa polifenol dan flavonoid di dalam daun suji akan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Ketika radikal bebas dapat diatasi, sehingga kerusakan sel.

loading...
loading...