Mengenal Manfaat Kol Untuk Kesehatan

PertaninakuManfaat kol sebagai sayuran sehat sudah tidak perlu diragukan, sayuran yang penuh dengan serat ini sangat penting untuk kesehatan. Kubis atau biasa disebut kol merupakan salah satu sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia.

Mengenal Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Kubis termasuk jenis capitata, yaitu sayuran yang memanfaatkan daunnya yang membentuk bulat padat. Sayuran kol sendiri merupakan sayuran yang berasal dari wilayah Eropa yang sudah tersebar luas di berbagai belahan bumi. Sekitar empat ratus jenis varietas kol dibudidayakan di seluruh dunia. Seperti manfaat pada jenis sayuran contohnya manfaat ketimun, manfaat seledri atau pun manfaat terong, manfaat kol dengan kandungannya sangat baik bagi tubuh, lalu apa saja ?.

Loading...

Manfaat kol banyak yang menjadikannya digunakan dalam berbagai hidangan makanan seperti salad, sayur sop atau pada karedok biasa memasukkan sayuran kol untuk menambah kenikmatannya. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan tersebut tidak hanya manfaat kol yang akan diperoleh namun sejumlah sayuran yang ada di dalamnya yaitu dari manfaat kentang, manfaat kacang tanah dan manfaat buncis sekaligus.

Kandungan yang terdapat pada kubis adalah vitamin A, Vitamin B kompleks, zat besi, kalium, ripoflavin, dan asam folat

Kandungan gizi ini merupakan zat pembangun yang membantu menjadikan proses metabolisme tetap berjalan dengan baik. Berbagai kandungan kol membuat kesehatan yang memakannya dapat terjaga agar selalu dalam keadaan baik.  Berikut adalah daftar manfaat kol bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut manfaat kol yang perlu Anda ketahui.

  1. Mencegah kanker

Manfaat kol yang pertama memiliki zat yang mampu memerangi sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Penelitian di Cina mengungkapkan, wanita yang mengkonsumsi sejumlah sayuran seperti kol, brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya gejala kanker payudara.

  1. Detoksifikasi Tubuh
Baca Juga:  Sayuran Buah yang Mudah Ditanam

Manfaat kol memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sulfur dalam kol dapat membantu menghilangkan racun (radikal bebas). Radikal bebas ini adalah salah satu faktor penyebab utama arthritis, penyakit kulit, rematik dan asam urat.

  1. Kesehatan Tulang

Kubis adalah sayuran yang sangat banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral ini dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang manusia.

  1. Baik untuk jantung

Manfaat kol memiliki kandungan kalium berperan untuk kesehatan jantung dan menjaga peredaran darah agar tetap sehat dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

Manfaat kol untuk kesehatan tubuh cukup penting untuk kita rasakan, sebaiknya anda mengkonsumsinya secara wajar untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Baik untuk janin

Setiap janin membutuhkan asam folat, untuk itu ibu hamil yang mengonsumsi kol juga dapat membantu kebutuhan gizi asam folat dengan mengonsumsi kubis.

Loading...
Loading...