Mengenal Manfaat Mangga Afrika untuk Kesehatan


Pertanianku – Apakah Anda mengenal mangga afrika? Mangga afrika merupakan salah satu jenis buah endemik yang berasal dari Afrika, tepatnya di daerah Kamerun. Jika dilihat dari segi bentuknya, mangga afrika tidak memiliki perbedaan dengan mangga jenis lainnya.

Mengenal Manfaat Mangga Afrika untuk Kesehatan

Manfaat mangga afrika sangatlah banyak dan baik dikonsumsi untuk kesehatan. Mangga afrika sendiri adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat lokal Kamerun. Bahkan, banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti manfaat mangga afrika.

Manfaat mangga afrika yang paling penting adalah kandungan seratnya sangat tinggi. Tingginya serat pada mangga afrika mampu membuat seseorang menahan lapar dalam waktu yang lebih lama. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat gabonesis irvingia. Fungsi zat ini dapat membantu memicu produksi enzim leptin, yang mampu meningkatkan pengaturan pada otak mengenai rasa lapar. Dengan meningkatnya produksi leptin, rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

Oleh karena mampu menahan lapar lebih lama, secara tidak langsung, seseorang juga tidak akan mengonsumsi banyak makanan. Akhirnya, akan berpengaruh kepada berat badan mereka. Hal inilah yang kemudian memunculkan kesimpulan, bahwa buah ini memiliki manfaat yang sangat efektif bagi Anda yang ingin menurunkan ataupun menjaga berat badan tetap ideal.

Saat ini, sudah banyak obat-obatan dan juga suplemen herbal yang dibuat dengan menggunakan ektrak dari mangga afrika. Selain memiliki manfaat yang baik untuk membantu menahan rasa lapar, mangga afrika itu sendiri juga mempunyai beberapa manfaat penting lainnya. Berikut ini beberapa manfaat mangga afrika.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh.
  2. Memperlancar proses pencernaan tubuh.
  3. Mampu membantu menghilangkan racun dalam tubuh.
  4. Dapat meningkatkan asupan energi bagi tubuh.
  5. Kandungan anti-oksidan yang sangat tinggi.
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  7. Mencegah beberapa macam penyakit, seperti stroke, jantung, dan juga diabetes.
  8. Tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.
Baca Juga:  Cara Praktis Menanam Terong di Polibag

Demikianlah manfaat mangga afrika bagi kesehatan yang wajib kita ketahui. Konsumsilah buah ini untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.