Mengenal Manfaat Pohon Ketapang

Pertanianku Pohon ketapang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh di pekarangan dan memiliki batang yang tinggi lurus ditambah dengan daunnya yang rindang. Ketapang atau Terminalia catappa sebetulnya merupakan tanaman pantai dengan ciri khas tajuk yang melebar dan rindang.

pohon ketapang
foto: Pixabay

Daun ketapang yang berwarna kehijauan kerap berubah menjadi merah ketika akan gugur. Daunnya berbentuk oval menyerupai telur dengan bagian ujung yang bundar. Pohon ketapang juga memiliki bunga berukuran kecil dan muncul di bagian ujung-ujung ranting. Ada banyak manfaat pohon ketapang yang perlu Anda ketahui.

Pewarna alami

Masyarakat sering menggunakan daun dan kulit ketapang sebagai bahan pewarna hitam alami dan pewarna tinta.

Menstabilkan pH air kolam

Saat ini ketapang sering dicari oleh penggemar hias, khususnya ikan cupang. Paslanya, daun ketapang mampu menetralkan pH air sehingga air kolam lebih ideal untuk digunakan memelihara ikan hias. Daun yang akan digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu, kemudian daun dimasukkan ke air hingga membusuk. Daun akan menyebabkan air berubah warna menjadi kuning kecokelatan karena melepaskan tannin.

Kandungan tannin secara bertahap akan menurunkan pH dan memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Warna air kolam yang kuning kecokelatan bukan masalah bagi ikan cupang karena kondisinya memang mirip dengan habitat alami ikan cupang.

Daun ketapang mengandung flavonoid berupa kaempferol, querectin, tannin, saponin, dan phystoterois. Daun ketapang juga bisa digunakan sebagai obat alami ikan cupang karena kandungan yang ada di dalam daun dapat mengatasi serangan jamur dan masalah bakteri yang kerap menyebabkan sirip ikan membusuk.

Manfaat biji ketapang

Selain daun dan kulit ketapang, bagian biji ketapang juga bisa dimanfaatkan. Anda bisa mengosumsi biji ketapang sebagai pengganti biji kenari dan almond. Biji ketapang berkhasiat untuk menstabilkan gula darah, mencegah oksidasi berbahaya, dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:  Membangkitkan Kembali Produksi Bawang Putih Dalam Negeri

Membuat rumah teduh

Pohon ketapang yang ditanam di pekarangan rumah dapat digunakan untuk membuat rumah menjadi lebih teduh. Hal ini dikarenakan bentuk tajuknya lebar dan rindang. Namun, Anda perlu mengetahui periode gugur daun pada ketapang sehingga dapat mempersiapkan waktu yang tepat untuk membersihkan daun yang berguguran. Apalagi, jika pohon yang dimiliki berukuran besar, jumlah daun yang digugurkan pasti banyak.