Mengenal Manfaat Srikaya

Pertanianku – Srikaya merupakan tanaman buah tropis. Buahnya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak hampir menyerupai sirsak dengan kulit berbenjol dan bersisik. Daging buahnya berwarna putih dengan rasa yang sedikit manis dan sedikit asam. Srikaya memiliki kandungan gizi tinggi dan merupakan sumber zat gizi yang baik.

Mengenal Manfaat Srikaya

Srikaya sering digunakan oleh beberapa masyarakat di India untuk meramu tonik rambut. Bijinya juga ditumbuk dan dioleskan untuk membasmi kutu rambut. Selain sebagai konsumsi buah yang menyehatkan, biji srikaya dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Ekstrak biji srikaya dapat digunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat Spodoptera litura, Plutella xylostella, dan rayap tanah. Ekstrak biji srikaya berfungsi sebagai racun perut pada serangga hama tersebut. Bahkan, daun srikaya dipercaya sebagai obat kanker.

Loading...

Berikut beberapa  yang sangat baik untuk kesehatan.

  1. Menurunkan kolesterol

Manfaat srikaya yang pertama adalah mampu menurunkan kadar kolesterol. Buah ini memiliki banyak kandungan niasin sehingga sangat bermanfaat bagi penderita kolesterol. Mengonsumsi secara rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Sangat baik untuk pencernaan

Srikaya mengandung serat tinggi. Kandungan tersebut menjadikan srikaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi. Hal ini karena serat tersebut akan mampu mampu memperlancar pencernaan pada manusia.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Selain untuk memperlancar pencernaan, serat yang terdapat dalam srikaya dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes.

  1. Srikaya sebagai obat diare

Srikaya yang masih muda mampu mengobati diare. Kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam srikaya sangat efektif untuk membantu menyembuhkan diare.

  1. Mencegah asma

Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki buah srikaya, tentu ini dapat membuat srikaya menjadi pencegah beberapa penyakit, seperti penyakit asma. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis anti-oksidan.

  1. Menurunkan hipertensi
Baca Juga:  Cara Merangsang Tanaman Buah Berproduksi dengan Penyiraman Air

Kandungan potassium yang ada pada srikaya akan berperan menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Mengonsumsi srikaya dengan rutin sangat efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Srikaya memiliki kandungan vitamin B sehingga dapat mencegah perkembangan dari homocystein. Hal ini karena homocystein dengan jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Srikaya juga mengandung magnesium yang mampu membantu kita dalam menjaga kepadatan tulang.

Demikianlah beberapa manfaat srikaya yang perlu Anda ketahui. Dengan manfaat yang begitu banyak, mulailah memasukkan srikaya pada daftar menu harian Anda.

Loading...
Loading...