Mengenal Model Kandang Bebek


Pertanianku – Saat ini banyak orang lebih memilih berwirausaha ketimbang bekerja di kantoran. Salah satu usaha yang banyak dilirik karena prospeknya yang cerah adalah beternak bebek pedaging.

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha peternakan bebek beberapa hal yang perlu diperhatikan selain bibit adalah kandangnya atau tempat kita akan memelihara bebek nantinya. Saat ini banyak peternak lebih memilih ternak bebek dengan sistem kandang modern dan mudah merawatnya.

Sebelum melakukannya, Anda harus mengetahui beberapa jenis kandang yang bisa dipilih. Selain itu, Anda bisa menyesuaikan jumlah modal yang akan dikeluarkan untuk membuat kandang.

  1. Kandang tipe baterai

Kandang tipe baterai biasanya hanya dihuni oleh 1 ekor bebek dewasa untuk 1 kandang, dengan ukuran per kandangnya sekitar 45 × 45 × 35 cm atau bergantung pemiliknya. Bahannya bisa menggunakan rangka kawat ataupun menggunakan bilah bambu. Keunggulan dari tipe kandang baterai adalah lebih mudah dalam mengontrol bebek per individunya, baik kesehatannya, produktivitas telur, dan pertumbuhannya. Dengan kandang tipe baterai ini lebih memudahkan kita sangat ingin mengambil telurnya.

Kelemahannya adalah biaya pembuatan kandang ini mahal, lebih mahal daripada kandang tipe lainnya. Selain itu, perkawinan bebek juga harus dilakukan secara inseminasi buatan (IB). Biaya produksi pun bertambah mencakup membayar jasa inseminator (ahli Inseminasi Buatan). Namun, sekarang jarang peternak bebek yang menggunakan kandang tipe baterai ini untuk memelihara itik dewasa (layer), kebanyakan para peternak menggunakannya untuk memelihara anakan bebek (stater). Meskipun begitu, kandang ini cocok bagi sobat yang mau memelihara bebek di lahan yang sedikit atau tidak luas dan juga punya modal besar.

  1. Kandang tipe postal

Kandang tipe postal adalah jenis kandang yang populer di kalangan peternak bebek, ukurannya bisa disesuaikan bergantung dengan lahan yang ada. Namun, biasanya kandang tipe postal ini butuh lahan yang luas karena 1 kandang akan menampung ratusan bebek. Di dalamnya akan ada tempat pakan bebek beserta tempat minumnya sehingga lebih praktis dan usahakan tinggi kandangnya tidak kurang dari 2 meter. Tujuannya, memudahkan merawat, membersihkan, memberi pakan, dan mengambil telurnya.

  1. Kandang tipe ranch
Baca Juga:  Jangkrik Ini Dijual Rp100-an Juta!

Kandang tipe ranch membutuhkan lahan yang lebih luas lagi jika dibandingkan dengan kandang tipe postal. Ini karena kandang tersebut terbagi 2 daerah. Ada kandang tempat bebek dan pelatarannya untuk bermain. Oleh karena itu, kandang ini juga sering disebut sebagai kandang umbaran atau kandang tipe pelataran. Kandang tempat bebeknya bersifat setengah terbuka tetapi ada atapnya agar si bebek tidak kehujanan. Di bagian pelatarannya atau umbarannya bersifat terbuka, dikelilingi pagar dan tidak beratap, tempat untuk bermain si bebek. Di sana juga ditaruh tempat pakan, minum serta kolam untuk mandi dan berenang si bebek. Jadi, memang butuh lahan yang luas untuk kandang tipe ranch ini.

loading...
loading...