Mengenal MTR 19, Varietas Unggul Baru Jeruk Pamelo

Pertanianku — Inovasi dan teknologi di bidang pertanian terus dikembangkan. Upaya pengembangan tersebut salah satunya dengan berinovasi untuk menghasilkan varietas unggul tanaman. Varietas unggul baru jeruk pamelo baru saja ditemukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian, Kementerian Pertanian.

Varietas unggul baru jeruk pamelo
Foto: Balitjestro Litbang Kementan

Jeruk Pamelo atau dengan nama Latin Citrus grandis atau Citrus maxima ini lebih dikenal di Indonesia dengan nama jeruk bali. Jeruk pamelo berasal dari keluarga Rutaceae dan merupakan salah satu jeruk terbesar.

Paling lazim jeruk jenis ini ditemukan di Asia dan Asia Tenggara, tapi pertama kali dibawa oleh salah satu kapten perusahaan di India Timur. Saat ini, jeruk pamelo sudah ramai dibudidayakan di Indonesia.

Pamelo MTR 19 merupakan hasil dari pemuliaan mutasi dengan sinar gamma yang dilakukan Badan Litbang. Inovasi ini bertujuan menghasilkan varietas yang sesuai dengan selera masyarakat, yaitu rasa manis.

Melansir laman Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, MTR 19 memiliki keunggulan, yakni rasa yang manis dengan total padatan terlarut 9—11,3 brix. Selain itu, memiliki kandungan air sekitar 83,84—88,30 persen dan kandungan vitamin C 22,52—45,68 mg/100gr.

Buah ini memiliki berat rata-rata 940—2.400 gram/buah dengan bentuk spheroid pyriform dan warna daging buah merah. Persentase bagian buah yang dapat dikonsumsi, yaitu 54,54—69,40 persen. Produktivitas tanaman ini mencapai 141,47>163,24 kg/pohon/tahun dengan wilayah adaptasi di dataran rendah.

Baca Juga:  Usir Lalat Buah dengan Asap Cair Tempurung Kelapa

loading...