Mengenal Nothern Spotted Barramundi

Pertanianku – Nothern spotted barramundi (Scleropages jardini) ditemukan di Australia bagian utara dan New Guinea sebagai ikan yang suka memakan di permukaan air. Kebiasaan dari ikan ini adalah memburu ikan-ikan kecil untuk memenuhi kebutuhan makanan seharihari Sebagaimana halnya kalesa yang asli Indonesia, nothern spotted barramundi ini juga mengerami telurnya di dalam mulut. Untuk keahliannya ini, ikan hias asal Australia dan Papua New Gini ini menyandang predikat sebagai ’buccal incubator’, yaitu ahli menetaskan telur dalam pipi.

Nothern Spotted Barramundi

Sebagai ikan yang bisa mencapai besar lebih dari 50 cm, nothern spotted barramundi sangat membutuhkan akuarium yang berukuran luas. Untuk airnya, ikan ini tidak minta persyaratan khusus. Namun, nothern spotted barramundi sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Selain itu, sebaiknya air sebagai media hidupnya juga tidak mengandung garam atau yang benarbenar tawar.

Bentuk badan nothern spotted barramundi mirip dengan kalesa asli Indonesia, hanya warna dan coraknya saja yang berbeda. Pada umumnya, bagian perut berwarna keperak-perakkan dengan bagian tubuh belakang kehijau-hijauan. Siripnya kuning kehijauan dengan hiasan bintik kemerahan. Bukan saja siripnya, bintik kemerahan ini juga menghiasi hampir sekujur tubuh badannya. Pada mulutnya yang lebar, tepatnya di ujung dagunya, terdapat sepasang sungut yang merupakan tonjolan daging.

Di alam, nothern spotted barramundi akan memakan ikan kecil dan udang air tawar. Adakalanya individu yang besar memakan katak. Di akuarium, ikan ini akan memakan semua macam makanan hidup. Hanya sayang, di Indonesia jenis ini kurang terkenal. Di Indonesia, ikan ini populer dengan nama arwana irian.

 

Sumber: Buku Arwana

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memberikan Pakan Ikan Arwana yang Tepat

loading...