Mengenal Pakan Organik Ikan Oscar

Pertanianku — Ikan oscar (Astronotus ocellatus) merupakan ikan hias air tawar yang umum dipelihara di Indonesia. Ikan ini menjadi primadona karena keindahan warna dan coraknya. Hal tersebut tidak lepas dari pakan yang diberikan, baik pakan buatan maupun pakan organik ikan oscar.

pakan organik ikan oscar
Foto: pixabay

Beberapa jenis pakan organik untuk ikan oscar sebagai berikut.

Cacing sutera

Loading...

Cacing sutera merupakan makanan ikan oscar yang mengandung banyak nutrisi. Kandungannya meliputi karbohidrat, kalsium, protein, dan vitamin. Cacing sutera cocok untuk anakan ikan agar cepat besar.

Kutu air

Sama seperti cacing sutera, kutu air juga merupakan makanan untuk mempercepat pertumbuhan anakan ikan oscar yang masih kecil. Kutu air banyak terdapat di kolam atau waduk pengendali banjir yang subur.

Ulat

Selain digunakan sebagai pakan burung, ulat juga bisa dijadikan pakan organik ikan oscar. Ulat mampu membantuk pertumbuhan ikan karena mengandung lemak dan protein yang cukup.

Platy coral

Jenis ikan hias platy coral ini juga bisa jadi pakan organik ikan oscar. Ikan hias ini seringkali menghasilkan keturunan yang tidak seindah indukannya. Oleh karena itu, biasa dimanfaatkan sebagai pakan.

Udang rebon

Udang memiliki khasiat membuat kulit ikan lebih cerah. Zat karoten pada udang merupakan faktor utama yang membuat ikan ini jadi berwarna lebih menarik.

Jangkrik

Jangkrik bisa meningkatkan nafsu makan ikan oscar.

Kelabang

Kelompok hewan artropoda yang satu ini cukup berbahaya bagi manusia. Namun, ia bermanfaat sebagai pakan organik ikan oscar. Kelebihan pakan kelabang adalah mampu membuat warna tubuh ikan tampak cerah dan menarik.

Anakan ikan atau ikan kecil

Anakan ikan yang diberikan bisa dari jenis ikan apa saja, tapi yang paling umum adalah ikan mas. Pakan ini mampu meningkatkan nafsu makan ikan oscar.

Katak kecil

Di alam liar, katak merupakan salah satu makanan pokok ikan oscar. Oleh karena itu, pemberian katak kecil sebagai pakan mampu membuat pertumbuhan ikan oscar menjadi lebih cepat.

Jentik nyamuk Jentik atau larva nyamuk juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan organik ikan oscar. Anda bisa menemukan pakan ini di selokan, kolam, rawa, dan genangan air lainnya. Baiknya, jentik nyamuk dicuci dahulu sebelum diberikan sebagai pakan.

Loading...
Loading...