Mengenal Penyakit Ikan Mas Beserta Penanganannya


Pertanianku — Saat Anda berbudidaya ikan mas, pengganggu seperti penyakit mungkin saja bisa menghambat hasil produksi budidaya. Anda perlu mengenal penyakit ikan mas yang biasa menyerang untuk mengantisipasi dan meminimalisir hal itu terjadi dan Anda juga bisa memilih penanganan yang tepat.

penyakit ikan mas
Foto: Pixabay

Penyakit adalah suatu gejala fisiologis pada ikan yang menyebabkan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan ikan bahkan dapat menyebabkan kematian pada ikan tersebut. Berikut ini penyakit yang sering menyerang ikan mas.

  1. Bintik putih (white spot)

Penyakit bintik putih disebabkan oleh Ichthyophthirius multifiliis. Gejala yang ditimbulkan jika terserang penyakit ini, yaitu terdapat bintik putih berlendir pada permukaan tubuh dan insang ikan mas, gerakan ikan menjadi lambat dan juga sulit bernapas. Apabila sudah parah, biasanya akan terjadi pendarahan pada bagian sirip dan tertutup oleh lendir, ikan akan memiliki gerakan yang lamban dan muncul ke permukaan.

Untuk mencegahnya, Anda harus selalu menjaga kualitas air dan usahakan sirkulasi air selalu mengalir. Untuk menangani penyakit ini, Anda dapat melakukan perendaman pada ikan menggunakan methylen blue 1% dengan air selama 24 jam atau bisa juga dengan merendamnya dalam larutan garam dapur selama 10 menit.

  1. Bengkak insang dan badan

Penyakit ini disebabkan oleh myxospores. Gejala yang timbul, yaitu insang selalu terbuka, ada bintil putih kemerahan, dan terjadi pendarahan pada bagian punggung. Untuk melakukan pencegahaan pada penyakit ini, Anda dapat melakukan penjemuran kolam sebelum melakukan budidaya.

  1. Cacing insang dan kulit

Penyakit cacing insang dan kulit disebabkan oleh cacing kulit (Gyrodactylus) dan cacing insang (Dactylogyrus). Gejala yang ditimbulkan, yaitu terjadi pendarahan dan penebalan pada bagian insang, ikan terlihat menggososk-gosokan badannya pada dasar atau dinding kolam, terkadang sirip ikan mengalami kerontokan, ikan kurus, dan sisiknya pun buram.

  1. Kutu ikan (argulosis)

Gejala yang ditimbulkan bila terserang penyakit ini, yaitu terdapat bercak merah pada sirip, kulit dan insang serta ikan akan terlihat kurus. Penanganan pada ikan yang telah terserang penyakit ini dapat dilakukan dengan cara merendam ikan yang terinfeksi dalam larutan garam dapur selama 15 menit.

Baca Juga:  Jenis Ikan Hias Kecil yang Tidak Mudah Mati
loading...
loading...