Mengenal Perusahaan Industri Karet


Pertanianku – Banyak perusahaan industri yang menggunakan bahan baku karet. Sebagian menggunakannya sebagai bahan penunjang untuk barang yang dibuat dan sebagian lagi menggunakannya sebagai komponen utama baik dalam pengolahan barang setengah jadi atau pengolahan lebih lanjut. Dalam buku ini jenis perusahaan yang dimaksud adalah yang kedua, yaitu perusahaan yang mengandalkan bahan baku karet untuk diolah dan tergantung pada bahan baku karet bila akan berproduksi.

Perusahaan Industri Karet

Perusahaan-perusahaan industri karet ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kelangsungan usaha perkebunan karet di Indonesia maupun di dunia. Besarnya jumlah karet yang dibutuhkan akan mempengaruhi harga dan ketersediaan jumlah karet alam di pasaran. Tentu saja, semakin besar jumlah karet yang mereka butuhkan sebagai bahan baku semakin baik pula efeknya terhadap kehidupan  perkebunan karet.

Banyak perusahaan industri semacam ini yang mengusahakan perkebunan karet sendiri untuk memasok kebutuhan bahan bakunya. Umumnya hal ini terjadi pada perusahaan besar yang membutuhkan banyak bahan baku dan memiliki modal yang kuat. Bahkan, industri-industri ban besar di luar negeri ada yang membuka cabang perusahaan dan membuka perkebunan karet di Indonesia.

Jumlah perusahaan industri karet yang beroperasi di Indonesia sebenarnya cukup banyak. Hampir di semua propinsi yang mengusahakan perkebunan karet terdapat industri yang melakukan pengolahan karet menjadi barang olahan karet yang siap jual, barang setengah jadi, atau barang jadi yang dapat langsung digunakan oleh konsumen.

Beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet di Indonesia di antaranya adalah :

  1. PT Aneka Bumi Pratama, Palembang. Eksportir
  2. PT Bukit Angkasa Makmur, Bengkulu. Eksportir, perdagangan
  3. PT Ciluar Baru, Bogor. Produsen, perdagangan
  4. PT Indotama Megah Indah Rubber, Gresik. Produsen, perdagangan
  5. PT Kapuas Besar, Medan. Eksportir
  6. PT P & P Bangkinang, Pekanbaru, Eksportir, perdagangan
  7. PT Sumber Alam, Pontianak. Eksportir, perdagangan
  8. PT Tirta Sari Surya, Riau. Eksportir, perdagangan
  9. PT Waykandis, Bandar Lampung. Produsen, perdagangan
  10. PT Wilson Tunggal Perkasa, Jakarta. Suplier, perdagangan
Baca Juga:  Cara Berkebun Jati yang Menguntungkan

 

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Karet