Mengenal Pisang Kepok Tanjung, Pisang Tanpa Jantung

Pertanianku – Pisang Kepok Tanjung merupakan jenis tanaman pisang yang tidak memiliki bunga jantan atau jantung, atau singkatan dari tanpa jantung. Salah satu keunggulan pisang kepok ini adalah tidak mempunyai jantung, dengan demikian tidak diperlukan lagi pekerjaan membuang jantung seperti pada tanaman pisang pada umumnya.

Mengenal Pisang Kepok Tanjung, Pisang Tanpa Jantung

Pembuangan jantung dilakukan untuk mencegah penularan penyakit layu bakteri secara alami yang disebarkan oleh serangga. Keunggulan lainnya, tidak seperti pisang kepok lainnya yang terasa asam, varietas ini manis dengan kandungan total padatan terlarut (TSS) sebesar 2930% Brix.

Loading...

Inilah, salah satu bukti, bahwa Indonesia adalah negara mega diversity untuk buah-buahan tropika seperti Pisang Kepok tanjung. Varietas Kepok Tanjung berasal dari Pulau Seram, tepatnya di Desa Makariki, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah. Bobot buah pertandan 15–25 kg, jumlah sisir per tandan 15–17 dengan jumlah buah per sisir 13–18.

Buah per tandan 150–250, panjang buah 10–17 cm, diameter buah 3,0–5,0 cm, warna kulit buah matang kuning, warna daging buah matang kuning orange, tekstur buah kenyal, bobot satu buah 125–170 g.

Pisang kepok tanjung ini memiliki cita rasa daging buah manis (pisang olah) serta daya simpan pada suhu kamar 15–21 hari, dan potensi hasil per hektar setiap tahun mencapai 20–30 ton.

Baca Juga:  3 Kultivar Melon Unggul dan Varietasnya
Loading...
Loading...