Mengenal Pohon Bulan untuk Hijaukan Bumi

Pertanianku — Membudidayakan tanaman dengan bibit yang dijual di pasaran adalah suatu kegiatan yang sangat lumrah dilakukan. Namun, bagaimana bila kegiatan ini dilakukan dengan bibit dari luar angkasa? Hal itu ternyata bukanlah mustahil. Bibit pohon yang didatangkan dari luar angkasa sudah dilakukan oleh astronot yang turut dalam misi Apollo 14.

bibit dari luar angkasa
Foto: pixabay

Hari pohon diperingati setiap 10 Januari. Pada bulan tersebut, seorang astronot dari Amerika Serikat turut serta dalam misi Apollo 14 yang diterbangkan menuju bulan. Dalam roket yang diluncurkan pada 31 Januari 1971 lalu, tidak hanya membawa manusia tetapi juga bibit tanaman.

Bibit tanaman yang dimaksud adalah jenis tanaman American sycamore atau moon tree. Pohon ini disebut juga sebagai pohon bulan. Adapun tiga astronot yang terlibat dalam misi tersebut adalah Alan Shepard Jr., Edgar Mitchell, dan Stuart Roosa.

Loading...

Dua dari tiga astronot tersebut, yakni Shepard dan Mitchell, akhirnya berhasil menjejakkan kaki di bulan pada 5 Februari. Keduanya terlebih dahulu melakukan percobaan dengan mengumpulkan sampel yang ada di daerah tempat mereka mendarat.

Sementara itu, Roosa yang mengorbit di satelit masih membawa ratusan benih pohon moon tree yang sudah disiapkan oleh NASA. Proyek ini merupakan hasil kerja sama dengan United States Forest Service (USFS).

Apollo 14 pun kembali dengan tiga awaknya pada 9 Februari 1971. Sepulang dari misi tersebut, bibit pohon yang dikenal sebagai bibit ‘pohon bulan’ tadi, kemudian ditanam di banyak daerah di Amerika.

Beberapa daerah tersebut adalah Arkansas, California, Alabama, Florida, Idaho, Indiana, Mississippi, Massachusetts, Maryland, North California, Oregon, Pennsylvania, Washington, Utah, Virginia, dan Tennessee.

Pohon bulan yang berasal dari bibit yang dibawa ke bulan tersebut masih ada hingga kini. Pohon yang didedikasikan dari program Apollo 14 ini terus didata keberadaannya oleh NASA.

Baca Juga:  Kiat Sukses Mempercepat Proses Ganti Bulu Burung Murai

 

Loading...
Loading...