Mengenal Ragam Musang


Pertanianku – Beberapa jenis musang yang dapat dijadikan klangenan yakni musang pandang, musang bulan, dan musang rase. Semakin langka, harganya akan semakin melambung. Berikut ini beberapa jenis musang berdasarkan ciri fisiknya.

Ragam Musang

  1. Musang pandan

Terdapat banyak varian seperti musang pandang leucistic hidung hitam dan hidung merah, varian kelabu, serta varian hitam. Panjang tubuh musang ini mencapai 90 cm, mulai dari kepala hingga ekor. Bobot badannya mencapai 2—5 kg.

Tubuh musang pandan yang umum ditemui didominasi oleh warna cokelat kelabu dengan ekor berwarna cokelat kehitaman. Pada bagian punggungnya, terdapat pola garis gelap berjumlah 3—5 garis putusputus. Sementara itu, musang pandan leucistic berwarna putih polos dengan hidung berwarna merah atau hitam. Ada pula musang pandan yag warna tubuhnya hitam polos.

  1. Musang bulan

Ciri khas musang bulan alias little civet  adalah bentuk wajahnya yang lebih lebar dibandingkan dengan musang lainnya. Warna tubuhnya didominasi oleh warna hitam dengan ujung ekor bercorak putih.

Beberapa hobiis meyakini bahwa tingkat kecerdasan Viverricula malaccensis ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis musang lainnya. Manfaatnya, lebih mudah untuk melatih musang bulan untuk menjadi klangenan yang jinak.

  1. Musang rase

Musang dengan nama latin Viverricula indica ini dikenal memiliki aroma tubuh yang khas. Tubuhnya didominasi warna cokelat kemerahan dengan garis cokelat atau agak kemerahan mulai dari ujung kepala hingga pangkal ekor. Namun, ada juga musang rase yang berwarna abu-abu kekuningan. Mata dan telinga berwarna hitam. Panjang tubuhnyamencapai 61 cm, sedangkan ekornya saja bisa mencapai ukuran 43 cm.

  1. Musang akar

Musang ini memiliki nama lain yang bervariasi. Sebut saja small-toothed palm civet dan three-striped palm civet. Hewan dengan nama ilmiah Arctogalidia trivirgata ini beratnya 2,4 kg dengan panjang tubuh 53 cm serta panjang ekor 58 cm. Musang akar memiliki rambut pendek yang umumnya berwarna cokelat, sedangkan kepalanya berwarna abu-abu gelap cokelat. Moncongnya berwarna cokelat dengan garis putih yang memanjang dari hidung ke dahi. Tubuh bagianbelakang memiliki tiga garis-garis cokelat yang berbeda di sepanjang tubuh. Hanya musang betina yang memiliki kelenjar perineum, yaitu di dekat vulva.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang

Periode kebuntingan musang akar mencapai 45 hari dengan jumlah anak yang lahir mencapai tiga ekor. Anak musang akan mulai membuka mata pada umur 11 hari dan disapih pada umur dua bulan. Musang akar dapat melahirkan anak dengan frekuensi dua kali dalam setahun.

loading...
loading...